Jelaskan Pengertian dari Personal Computer, Pahami Sejarah, Elemen, dan Fungsinya

"Simak penjelasan di bawah ini!"

Edukasi | 20 January 2023, 11:45
Jelaskan Pengertian dari Personal Computer, Pahami Sejarah, Elemen, dan Fungsinya

TamanPendidikan.com - Personal Computer atau biasa disebut (PC) merupakan perangkat komputer yang biasa digunakan perorangan. Personal Computer pada umumnya digunakan di rumah, pusat perbelanjaan maupun di kantor untuk kebutuhan pribadi dan perusahaan.

Pada dasarnya, fungsi utama Personal Computer adalah untuk mengolah data input dan menghasilkan output (keluaran) berupa data sesuai dengan keinginan pengguna (user).

Personal Computer memiliki kemampuan untuk menyimpan, mengambil, dan memproses data. Komputer dirancang untuk menjalankan aplikasi dan menyediakan berbagai solusi melalui komponen perangkat keras dan perangkat lunak yang terintegrasi.

Banyak sisi menarik yang bisa kita ulik tentang personal computer, baik dari sisi sejarah, elemen, serta fungsinya. Untuk itu, mari simak penjabarannya di bawah ini.

Sejarah Personal Computer

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Dahulu, Personal Computer (PC) di rancang dan digunakan khusus untuk organisasi atau prusahaan besar yang bergerak di bidang pemasangan terminal tipis dan digunakan untuk banyak pengguna dengan satu komputer besar yang membagikan sumber dayanya ke semua pengguna.

Jadi, kemunculan Personal Computer (PC) tersebut mematahkan tradisi penggunaannya hanya untuk komputasi terminal.

Pada akhir tahun 1980-an, kemajuan zaman teknologi memungkinkan pembuatan komputer yang lebih minimalis yang dapat dimiliki dan digunakan setiap orang secara personal.

Penggunaan Personal Computer mulai tersebar dan banyak di gunakan pada tahun 1980-an, tentu saja komputer ini di jual dengan sanggat mahal.

Sejarah mengatakan bahwa mesin hitung adalah pendahulu dari komputer. Hal itu adalah pengembangan dari sistem operasi antarmuka yang efektif dan penggunaan yang ramah memberikan dorongan pengembangan menjadi pengolahan kata.

Berdasarkan sejarah, Personal Computer pertama diluncurkan tahun 1971. Komputer pertama memiliki memori 256 byte dan diiklankan oleh Scientific American dengan harga $750.

Namun, komputer pertama tersebut tidak memiliki CPU dan seperti sistem lainnya di era itu, komputer ini dirancang hanya untuk penggunaan pendidikan.

Elemen Personal Computer

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ada tiga elemen penting yang harus ada untuk menjalankan fungsi dari personal computer. Tiga elemen tersebut antara lain adalah:

1. Hardware

Hardware (peragkat keras) adalah komponen pada komputer yang secara fisik dapat terlihat dan di sentuh. Contoh dari hardware adalah keyboard, mouse, monitor, CPU, hard disk, PSU, printer, dan cooling fan.

2. Software

Software (perangkat lunak) adalah data yang terdapat pada komputer yang diformat kemudian disimpan secara digital dan tidak dapat disentuh secara fisik. Contoh dari software adalah Windows, Linux, Microsoft Office, Adobe Reader, Autocad, dan Corel Draw.

3. Brainware

Brainware adalah orang yang menggunakan Personal Computer. Biasanya brainware disebut juga dengan user, netter, gamer, atau yang lainnya tergantung dari manfaat apa yang diambil dari seseorang tersebut dengan menggunakan Personal Computer.

Fungsi Personal Computer

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Simak beberapa fungsi yang ada pada personal computer, di antaranya adalah:

1. Fungsi Pengolahan

Fungsi utama komputer adalah melakukan pemrosesan. Jadi, berbagai macam data yang diproses oleh komputer akan menghasilkan output yaitu berupa informasi. Contohnya seperti teks, gambar, audio, video, grafik, dan lainnya.

2. Fungsi Input

Fungsi input adalah fungsi di mana komputer melakukan penerimaan data atau informasi dari sumber luar seperti aktivitas melalui keyboard, mouse dari komputer lain atau peralatan lainnya.

3. Fungsi Penyimpanan

Fungsi penyimpanan adalah komputer sebagai tempat untuk menyimpan informasi. Fungsi penyimpanan akan memudahkan pengguna untuk menemukan data dan akan digunakan kembali.

4. Fungsi Keluaran

Fungsi keluaran adalah di mana data yang telah diproses dalam komputer, hasilnya akan tersedia untuk digunakan oleh pengguna dengan berbagai tujuan.

Misalnya adalah data output tersebut adalah file audio, hard copy ke kertas, dicetak sebagai 3D model dan lain sebagainya.


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network