Kebiasaan Unik Ular King Kobra, Bisa Berubah Warna Seperti Bunglon

"Selain berbahaya, king kobra adalah ular yang unik."

Edukasi | 02 February 2023, 03:45
Kebiasaan Unik Ular King Kobra, Bisa Berubah Warna Seperti Bunglon

TamanPendidikan.com - King kobra merupakan spesies ular berbisa yang terkenal karena ukurannya yang besar dan sifat agresif.Panjang king kobra bisa mencapai hingga 5,5 meter dan dikenal sebagai ular terpanjang di dunia.

Ular ini biasa ditemukan di hutan-hutan tropis dan subtropis di Asia, terutama di India, Semenanjung Malaysia, Filipina, dan Indonesia. King kobra memakan ular dan reptil lainnya, dan memiliki sengat yang mematikan untuk mempertahankan diri.

King kobra juga salah satu jenis ular berbisa dan terbesar yang paling mematikan di dunia. Anda dapat memahami bagaimana racun king kobra bekerja.

Racun ular king kobra memiliki zat neurotoksin yang mengakibatkan paralisis otot dan mematikan sistem pernafasan.

Saat racun ular king kobra masuk ke dalam aliran darah, maka akan mempengaruhi sistem saraf dan mematikan sistem pernafasan.

Hal tersebut biasanya akan terjadi dalam beberapa menit setelah tersengat dan akan menyebar ke seluruh tubuh.

Nyawa bisa terancam dalam hitungan menit saja jika racun masuk ke dalam aliran darah dan tidak mendapat obat anti racun dengan segera.

Pada kasus yang lebih serius, orang yang terkena racun ular king kobra bisa mengalami kejang dan kesulitan bernapas, yang akan mengarah pada kematian.

Agar terhindar dari racun ular king kobra, salah satu upaya yang harus dilakukan adalah menghindari bersentuhan dengan ular ini dan jangan memprovokasi ular tersebut.

Namun, jika Anda terkena racun, segera pergi ke rumah sakit untuk menerima perawatan medis sesegera mungkin dan jangan sampai terlambat.

Selain berbahaya king kobra juga memiliki beberapa kebiasaan yang terbilang unik, mari simak apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut berikut ini.

Kebiasaan Unik Ular King Kobra

Menegakkan tubuh
King Kobra dapat menegakkan seluruh tubuhnya dan membuka mulutnya untuk menakut-nakuti musuh.

Berkibar
King Kobra dapat memperlihatkan sisi leher berwarna merah cerah untuk memberikan peringatan.

Berkabung
King Kobra juga dapat memperlihatkan gerakan berkabung ketika merasa terancam.

Berkolaborasi
King Kobra dikenal mampu untuk bekerja sama dengan ular lain dalam menjaga wilayah mereka.

Menyusun sarang
King Kobra membuat sarang dari tanaman dan daun untuk melindungi telur dan bayi mereka.

Berkawin
King Kobra memiliki kebiasaan berkawin yang unik, dengan laki-laki berkeliling untuk mencari betina, lalu membawa makanan sebagai hadiah.

Merubah warna
King Kobra memiliki kebiasaan unik dalam merubah warnanya. Saat mereka merasa terancam, atau saat mereka ingin memperingatkan musuh mereka, king kobra akan merubah warna dari cokelat menjadi warna merah.

Perubahan warna tersebut merupakan salah satu mekanisme pertahanan alami yang dimiliki oleh ular ini untuk melindungi diri mereka dari ancaman.

Demikian ulasan tentang kebiasaan unik dari ular king kobra. Semoga menjadi wawasan dan bermanfaat untuk yang membaca.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network