King Kobra Ternyata tidak Suka Bau Menyengat, Ini Penjelasannya

"Selalu jaga kebersihan di area rumah, jika Anda tidak ingin Ular King Kobra datang."

Edukasi | 05 February 2023, 23:04
King Kobra Ternyata tidak Suka Bau Menyengat, Ini Penjelasannya

TamanPendidikan.com - Ular King Kobra dikenal sebagai ular berbisa terpanjang dan mematikan di dunia. Bagaimana tidak, racun ular King Kobra bisa membunuh 20 orang dewasa sekaligus hanya dalam waktu 1 jam.

Namun di balik semua itu, ternyata ular King Kobra tidak suka dengan bau-bauan yang menyengat. Fakta ini bisa Anda jadikan salah satu cara untuk mencegah ular tersebut masuk ke rumah.

Lantas, Mengapa Ular King Kobra tidak Suka Bau yang Menyengat?
TamanPendidikan.com

Pixabay

Ular King Kobra memiliki indera penciuman yang sangat baik untuk memburu dan menghindari ancaman. Bau yang menyengat dapat mengganggu indera penciuman mereka dan menghambat kemampuan mereka untuk mencari makan atau menghindari bahaya.

Oleh karena itu, king cobras mungkin tidak suka bau yang menyengat dan akan cenderung menghindar dari sumber bau tersebut.

Meski begitu, ketika ular King Kobra masuk ke pemukiman jangan coba untuk dibunuh. Sebab, spesies ular ini masuk dalam kategori hewan yang terancam punah.

Agar terhindar dari King Kobra, Anda harus rajin untuk membersihkan rumah dengan cara karbol atau bisa juga menyimpan kamper di titik-titik tertentu yang ada di setiap rumah Anda. Karena, King Kobra tidak menyukai bau menyengat.

Selain tidak menyukai bau yang menyengat, ada beberapa fakta menarik tentang ular King Kobra bisa Anda ketahui seperti:

1. King Kobra Lebih Memilih Menghindari Manusia

Seorang penakluk ular terkenal di Indonesia, Panji mengatakan bahwa ular akan secara alamiah menghindari manusia ketimbang langsung menyerang. Naluri yang sama juga berlaku pada King Kobra.

Meski lebih memilih menghindari manusia, tapi jangan coba-coba mengusiknya. Karena king kobra akan menyerang jika diusik. Ini adalah bentuk self defense dari raja ular tersebut.

2. Tempat Tinggal yang Paling Disukai Adalah Rumpun Bambu

Ular king kobra biasanya senang bersarang di rumpun bambu. Di tempat tersebut, king kobra akan membangun sarangnya untuk bertelur dan menunggui sampai telur menetas. Selain itu, rumpun bambu menjadi tempat yang sangat bersahabat dengan telur.

3. Memiliki Kebiasaan Merentangkan Kulit Leher

Salah satu kebiasaan unik dari ular king kobra yang paling kita ketahui adalah merentangkan kulit leher dan membentuk semacam tudung ketika terancam. Tudung King cobra yang berada di sekitar leher menjadi ciri khasnya, sekaligus menjadi pembeda dengan jenis ular lainnya.

5. Mendeteksi Mangsa dengan Lidahnya

Kita pasti pernah melihat King cobra menjulurkan lidah bercabangnya. Lidah yang bercabang ini berfungsi untuk mengambil aroma dan menghantarkannya ke sebuah reseptor sensorik khusus yang disebut organ Jacobson.

6. Kong Kobra Adalah Ular Berbisa Terbesar di Dunia

Perlu diketahui, King Kobra bisa tumbuh hingga sepanjang enam meter. Fakta ini membuatnya menjadi ular berbisa terbesar di dunia, bahkan bisa sepanjang ular piton.

7. King Kobra tidak Menyemburkan Bisa

Kebanyakan orang mengira jika ular king kobra menyemburkan bisa untuk menyerang lawannya. Persepsi tersebut ternyata salah. Faktanya, King Kobra tidak menyemburkan bisanya. Inilah yang membuatnya berbeda dengan kobra bisa.

8. King Kobra Sebenarnya Pemalu

Meskipun king kobra dianggap sebagai salah satu ular paling mematikan di dunia, tetapi kenyataannya mereka sebenarnya adalah ular yang pemalu.

Langkah yang paling tepat ketika bertemu jenis ular ini adalah tidak mengganggu keberadaannya, karena di balik sifat malunya tersebut, king kobra sangatlah agresif.

9. King Kobra Takut Pada Predator yang Kebal Racun

Mekanisme pertahanan king kobra sangat tergantung pada racun neurotoksis yang ada pada tubuhnya. Akan tetapi, jika berhadapan dengan predator alami yang kebal racun, ular king kobra akan melarikan diri atau mengembangkan tudungnya sambil berdesis.

10. King Kobra Merupakan Salah Satu Ular Tercerdas di Dunia

Ternyata oh ternyata, King Kobra itu ular tercerdas di dunia. Mereka memiliki kapasitas otak yang lebih besar dibandingkan ular jenis lain.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network