Burung Beo Dikenal Pandai Bicara Ternyata Bisa Hidup Lebih dari 80 Tahun, Ini Faktanya

"burung beo memang istimewa"

Edukasi | 08 February 2023, 04:04
Burung Beo Dikenal Pandai Bicara Ternyata Bisa Hidup Lebih dari 80 Tahun, Ini Faktanya

TamanPendidikan.com - Selain kucing dan anjing, kebanyakan orang juga memilih burung sebagai hewan piaraan di rumah. Seperti halnya anjing dan kucing, burung tertentu juga bisa bersahabat dengan manusia, dan memeliharanya dengan cara melepas-liarkannya dalam rumah atau sekitar rumah.

Warna bulu yang eksotik, kejenakaan akrobatik saat berkicau membuat burung beo menjadi salah satu burung yang banyak diincar oleh kebanyakan orang untuk dipelihara.

Burung beo yang dikenal pintar menirukan suara manusia memang bukan menjadi rahasia lagi. Karena kepintaran menirukan suara manusia itulah membuat burung beo menjadi satu-satunya jenis unggas yang tergolong pintar.

Beberapa penelitian
mengatakan jika struktur otak burung beo memang mirip primata, hewan yang juga terkenal pintar, jadi hal itulah salah satu faktor yang membuat burung beo menjadi burung yang tergolong pintar.

Selain itu ternyata masih ada fakta unik lain tentang burung beo yang barangkali masih jarang diketahui oleh khalayak.

1. Burung Beo Meiliki Tiga Kelompok

Melansir dari Smithsonianmag dan Petkeen, bahwa burung beo memiliki tiga kelompok. Setidaknya, ada lebih dari 18 ribu spesies burung di dunia, 393 di antaranya burung beo dalam ordo Psittaciformes.

Kelompok itu mencakup tiga famili super, yakni Strigopoidea (burung beo Selandia Baru), Cacatuoidea (kakatua), dan Psittacoidea (burung beo sejati). Burung beo Psittacoidea memiliki paling banyak spesies dengan jumlah 333 spesies.

TamanPendidikan.com

ilustrasi burung beo / Sumber: pixabay

Dan dari ketiga kelompok serta spesiaes burung beo, hampir semuanya memiliki kepintaran untuk bisa menirukan suara manusia.

2. Memiliki Kaki Berbeda dengan Burung Lain

Kebanyakan, pada umumnya burung memiliki anatomi kaki dengan 4 jari, yakni tiga di bagian depan dan satu di bagian belakang.

Namun berbeda dengan burung beo, burung beo memiliki anatomi dua buah jari yang cukup besar di bagian depan dan belakang.

Hal itu membuat burung beo memungkinkan untuk bergelantung dan mencengkram rnting dan dahan pohon dengan sangat kuat bahkan dengan posisi bergelantung terbalik.

3. Burung Beo Bisa Hidup Lebih dari 80 Tahun

Masih melansir Smithsonianmag, selain keistimewaan di atas, ternyata burung beo memiliki keistimewaan lain yang tidak dimilik oleh burung jenis lainnya.

Ya, ternyata burung beo bisa hidup hingga 80 tahun lho bahkan lebih. Rata-rata burung beo bisa hidup 20 hingga 30 tahun. Namun ada spesies khusus dari burung beo yang bisa berumur relatif panjang.

TamanPendidikan.com

ilustrasi burung beo / Sumber: pixabay

Winston Churchill, mantan Presiden Amerika, diketahui ternyata juga senang mengoleksi dan memelihara hewan. Salah satu koleksinya adalah burung beo.

Burung beo milik Churchill adalah jenis Blue Macaw yang diberi nama Charlie. Charlie disebut berusia lebih dari 100 tahun dan menjadikannya burung beo tertua. Secara khusus, burung Macaw dan Amazon adalah dua spesies burung yang dikenal mempunyai usia harapan hidup yang panjang.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network