Pertarungan Sengit King Kobra Melawan Induk Ayam yang Lindungi Anaknya

"Mengejutkan, induk ayam ini sama sekali tidak takut dengan ular king kobra yang ingin memangsanya."

Viral | 15 February 2023, 05:05
Pertarungan Sengit King Kobra Melawan Induk Ayam yang Lindungi Anaknya

TamanPendidikan.com - Ular king kobra atau yang bernama latin Ophiophagus hannah merupakan ular berbisa terpanjang di dunia. Panjang tubuh King Kobra bisa mencapai sekitar 5,7 meter. Namun rata-rata panjang ular king kobra dewasa umumnya sekitar 3 - 4,5 meter dengan berat rata-rata 12 kg. Ular king kobra banyak tersebar dari bagian Selatan dan Tenggara Asia. Kebanyakan dari mereka hidup di hutan daerah dataran tinggi.

Makanan dari ular king kobra adalah seperti burung kecil, tikus, telur dan binatang kecil lainya. Ular king kobra senang memangsa berbagai jenis ular berbisa, bahkan memakan jenisnya sendiri (kanibal). Tidak hanya jenis ular berbisa, ular king cobra juga memangsa ular jenis lain yang berukuran lebih besar seperti piton dan tikus ular.

Ketika berburu mangsa, ular king kobra akan menggigit dan menyuntikkan bisa ke dalam tubuh mangsanya. Tujuannya adalah agar mangsa yang sudah tergigit tidak bisa melakukan perlawanan. Jika mangsanya sudah mati, baru setelah itu ular king cobra akan menelan mangsanya secara utuh.

Pada umumnya, setelah memakan mangsa berukuran besar, ular ini dapat bertahan hidup tanpa makan selama beberapa bulan ke depan. Hal ini disebabkan, ular king kobra memiliki metabolisme yang lambat.

Pertarungan Sengit King Kobra Melawan Induk Ayam

Seperti yang dijelaskan di atas, salah satu makanan dari ular king kobra adalah binatang-binatang kecil, telur, ular cobra.

Pada salah satu unggahan video di channel YouTube Project Katong, diperlihatkan seekor ular yang mendatangi induk ayam yang sedang mengengkrami telur-telur di sarangnya.
TamanPendidikan.com

ss Youtube Project Katong

Perlahan-lahan ular king kobra mengamati dan berusaha menyerang induk ayam. Namun ada hal yang unik pada video tersebut, ular king kobra itu tampak tidak agresif seperti ular king kobra pada umumnya.
TamanPendidikan.com

ss Youtube Project Katong

Video yang berdurasi sekitar 5 menit tersebut menampilkan ular king kobra itu hanya mengamati induk ayam dan hanya beberapa kali mencoba menyerangnya. Bahkan king kobra itu yang mendapatkan serangan dari induk ayam.

Hingga sampai pada akhir video, ular king kobra kemudian pergi menjauh dari induk ayam.
TamanPendidikan.com

ss Youtube Project Katong

Beberapa warganet yang menonton video tersebut turut memberikan komentarnya, seperti akun Musafir Terapis yang mengatakan, "reflex patokan ayam memang lebih cepat dibanding patokan ular."

Komentar lainnya datang dari akun, Hermawan Gojek, "gw aja paling benci liat uler kobra, ketemu langsung eng usah mikir panjang, ambil batu, atau gala, matiiinnnnnnn jangan takut. Yg penting jng terlalu dekat takutnya nyembur bisanya."


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network