Tak Lazim, King Kobra Ini Telan Ular Piton Mulai Dari Badan Bukan Kepala

"Perlahan tapi pasti, ular piton pun masuk semakin dalam di perut king kobra. Beberapa kali king kobra akan mengubah posisi tubuhnya ketika menelan piton yang sudah dalam kondisi mati."

Viral | 25 February 2023, 07:48
Tak Lazim, King Kobra Ini Telan Ular Piton Mulai Dari Badan Bukan Kepala

TamanPendidikan.com - Siapapun yang mendengar kata kobra ataupun king kobra pasti langsung teringat dengan bisa atau racun berbahaya yang dimilikinya. Sekilas, baik kobra ataupun king kobra sekilas memang terlihat sama, baik dari segi penamaan atau secara fisik. Namun faktanya, kedua ular itu berbeda. Salah satunya dari segi makanan.

Berbeda dengan king kobra yang menyandang gelar sebagai 'raja' karena ia sering memakan ular lain, maka sebagian besar kobra malah lebih suka memakan hewan pengerat atau burung.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@ramaabid4/video/7192438279638207770?_r=1&_t=8a5xd8hbeRF

Pada dasarnya, king kobra memang termasuk dalam golongan ular kanibal. Reptil berbisa itu kerap kali memangsa ular-ular lain, terutama yang ukurannya lebih kecil. Seperti yang terlihat pada video unggahan akun TikTok @ramaabid4 berikut. Dalam video tersebut terlihat seekor king kobra berukuran besar menelan seekor piton bulat-bulat.

Video singkat yang tengah menjadi sorotan warganet itu sepertinya direkam oleh sang perekam video di rumahnya. Lebih tepatnya di depan pintu rumah. Hal itu terlihat pada bagian keramik lantai yang berbeda motif antara teras dan dalam rumah. Terlihat dengan jelas kalau ular king kobra itu tengah asik memakan ular piton dengan lahapnya.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@ramaabid4/video/7192438279638207770?_r=1&_t=8a5xd8hbeRF

Bahkan, saat sang perekam video sedang mengabadikan momen itu, king kobra dalam video tetap tidak merasa terusik sedikitpun. Padahal perekam video itu menggunakan senter atau flash pada kamera HPnya untuk merekam king kobra yang tengah kelaparan. Seperti yang kita ketahui jika ular sangat sensitif dengan cahaya.

Hal aneh yang terlihat pada video tersebut adalah king kobra ini memakan piton yang berukuran lebih kecil dari tubuhnya mulai dari bagian badanya. Padahal biasanya king kobra menelan mangsanya dimulai dari bagian kepalanya terlebih dahulu.

Sebetulnya tidak ada ketentuan khusus king kobra harus memakan mangsanya mulai dari mana. Mereka bebas ingin memakan mangsanya mulai dari bagian tubuh yang mana saja, bisa mulai dari kepala, badan, maupun ekor. Asalkan mangsanya sudah lumpuh dan tak berdaya akibat racun yang dimilikinya, maka ia dapat langsung menyantapnya.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@ramaabid4/video/7192438279638207770?_r=1&_t=8a5xd8hbeRF

Warganet yang menyaksikan video itu tentu merasa ngeri dan terkejut saat melihat kobra menelan piton dengan cara yang tak biasa. Seperti yang dikemukakan oleh seorang warganet di balik akun @arismunandar233 pada kolom komentar, "buset😳😳," tulisnya.

Biasanya ular king kobra memang memakan ular piton dari kepalanya, bukan dari badannya seperti dalam video. Mula-mula, rahang sang king kobra mulai terbuka lebar. Lalu, secara perlahan-lahan ia menelan ular piton bulat-bulat. Tak berselang lama, perut ular king kobra akan kembang-kempis akibat gerakan otot perut yang sedang menelan piton.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@ramaabid4/video/7192438279638207770?_r=1&_t=8a5xd8hbeRF

Perlahan tapi pasti, ular piton pun masuk semakin dalam di perut king kobra. Beberapa kali king kobra akan mengubah posisi tubuhnya ketika menelan piton yang sudah dalam kondisi mati.

@ramaabid4 Ular King Cobra Memakan Ular Phiton #kingcobra #phiton #ular #ularberbisa #ularbesar ♬ DJ Kara Boruto - Original Sound


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network