Pantai Ini Bukan Berisi Pasir Tapi Kerang, Tinggal Serok

"Pesisir pantai ini dipenuhi dengan kerang"

Viral | 28 February 2023, 06:23
Pantai Ini Bukan Berisi Pasir Tapi Kerang, Tinggal Serok

TamanPendidikan.com - Bila umumnya pesisir pantai dipenuhi dengan pasir, baik yang berwarna putih maupun yang berwarna coklat maupun hitam, pantai dalam unggahan video @acehkuliner_ di Instagram ini berbeda. Pesisir pantai ini dipenuhi dengan kerang,

Di tayangan video, perekam terlihat tengah asik mengambil kerang dengan menggunakan serok. Kerang-kerang segar itu lalu dimasukan ke dalam ember merah besar.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/acehkuliner_/

Perekam dari kejauhan juga memperlihatkan melimpahnya kerang. Terlihat kerang berwarna coklat muda memenuhi pesisir pantai. Dari jarak dekat dapat dengan jelas terlihat jenis kerang yang ada di pantai. Beberapa jenis kerang terdapat pada pantai tersebut, namun kerang kepah yang hampir mendominasi.

Kerang kepah merupakan salah satu jenis kerang yang dapat dikonsumsi oleh manusia karena tidak beracun. Bentuk cangkangnya menyerupai piring, cembung di bagian tengah dan pipih di bagian pinggir dan memiliki warna gelap kehijauan hingga coklat muda. Kerang ini kaya akan protein, zat besi, magnesium dan omega 3 yang terkandung di dalamnya.

Bagi para pecinta kerang kepah dapat menikmati dengan cara ditumis pedas atau direbus dengan siraman saus nanas. Namun karena cita rasanya yang gurih, kerang ini kerap hanya dinikmati dengan cara direbus saja. Apabila ingin merasakan sensasi rasa yang lain, dapat dengan cara mencampurkan sayuran. Sayuran yang cocok sebagai temannya adalah kangkung.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/acehkuliner_/

Meskipun dapat dikonsumsi, namun menyantap masakan kerang tidak boleh terlalu banyak. Hal ini dikarenakan ada beberapa efek samping dari kerang yaitu seperti alergi, mengandung logam berat dan keracunan. Keracunan ini dapat disebabkan karena bakteri, virus, atau parasit yang didapat dari lingkungannya. 

Kerang memiliki kebiasaan menyerap apa saja yang berada di sekitar lingkungannya untuk bertahan hidup. Meskipun demikian, ia tidak memiliki filter yang mampu memisahkan hasil penyerapan antara zat beracun dan zat yang tidak beracun. Maka dari itu perlu diperhatikan dari mana kerang ini berasal sebelum mengkonsumsinya. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network