Ikan Toman Seharga Rp5 Juta Ini Akhirnya Dimasak Gabus Pucung

"Seekor ikan toman xanthic dengan ukuran tubuh sekitar 45-55 cm doibanderol dengan harga kurang lebih Rp3.000.000 per ekornya."

Viral | 09 March 2023, 03:46
Ikan Toman Seharga Rp5 Juta Ini Akhirnya Dimasak Gabus Pucung

TamanPendidikan.com - Ikan Toman yang memiliki nama latin Channa micropeltes adalah ikan air tawar yang banyak hidup di perairan rawa, sungai  dan danau di wilayah Asia Tropis seperti di wilayah Kalimantan Barat dan pulau Sumatera. Ikan yang masih satu keluarga besar dengan ikan gabus ini dikenal sebagai monster-nya para ikan gabus biasa. Apalagi ikan toman ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi, tetapi juga sebagai ikan hias yang cantik kalau diletakkan di dalam akuarium. 
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/shorts/TCh3LBpawX0

Untuk kebutuhan ikan hias, kebanyakan ikan Toman  yang diambil atau dipelihara adalah ikan usia remaja. Ikan itu adalah ikan predator, jadi jangan pernah mencoba  menempatkannya dengan ikan hias lain yang ukurannya lebih kecil dalam satu akuarium. Kalau ingin menempatkan ikan ini bersama ikan hias lain, maka setidakanya harus diletakkan bersama ikan predator lainnya yang berukuran sama. 
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/shorts/TCh3LBpawX0

Berbicara tentang ikan toman yang dipelihara oleh para penghobi ikan di dalam akuarium, maka masih berkaitan dengan kejadian tragis yang belum lama ini terjadi. Melalui akun Youtube Short bernama @GioMaulana, seorang pria menceritakan kisah sedihnya kepada warganet Youtube tentang ikan toman mahal yang sempat dimilikinya.
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/shorts/TCh3LBpawX0

"Mari kita makan ikan toman harga 5 juta!! Kemarin ada kejadian tragis, guys. Jadi ikan toman mahalku mati kesetrum. Kalau kamu sudah melihat videoku sebelumnya maka kamu tau toman xanthic ini harganya berapa. Bisa nyampe 5 juta rupiah loh. Nah, kini kita harus memakannya. Akhirnya ibu aku memasaknya menjadi gabus pucung. Sepertinya enak, jadi aku harus memakan toman harga 5 juta", ucap pria yang diduga menjadi pemilik toman sekaligus pemilik channel YouTube @GioMaulana dengan nada sedih.
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/shorts/TCh3LBpawX0

Sebagaimana diketahui, ikan toman dan ikan gabus memang masih satu keluarga besar, atau kalau boleh dibilang mereka itu masih satu nenek moyang. Maka tidak heran dari segi bentuk keduanya tampak begitu mirip. Lalu fakta menariknya, ikan yang sering dijuluki “monster” ini juga dapat tumbuh besar melebihi ukuran satu meter. Makin besar ukurannya makin tinggi pula harganya. Menariknya bukan hanya ukuran tetapi motif juga menjadi faktor tingginya harga jual ikan Toman. Apalagi terdapat beragam jenis ikan Toman yang beberapa diantaranya bisa dijadikan ikan hias.
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/shorts/TCh3LBpawX0

Seperti yang tertulis dalam laman PikiranRakyat.com, seekor ikan toman xanthic dengan ukuran tubuh sekitar 45-55 cm doibanderol dengan harga kurang lebih Rp3.000.000 per ekornya. Meskipun itu bukan harga pasti yang dapat menjadi patokan, tetapi angka itu sudah bisa menjadi gambaran bagaimana mahalnya seekor toman xanthic di pasaran. Nah, karenapria berna Gio Maulana itu memiliki dua ekor ikan toman xanthic yang mati tersetrum, maka ia bisa mengklaim kedua ikan itu seharga Rp5 juta rupiah. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network