Angler Ini Dapat Ikan Baung Unik yang Dijuluki Ikan Pemuda Pancasila

"Seorang angler mendapati ikan unik dengan corak sisik loreng coklat dan orange."

Viral | 26 March 2023, 02:23
Angler Ini Dapat Ikan Baung Unik yang Dijuluki Ikan Pemuda Pancasila

TamanPendidikan.com - Seorang angler mendapati ikan unik dengan corak sisik loreng coklat dan orange. Penampakan ikan ini diunggah dalam  video oleh akun @wargaguyon di Instagram. Karena corak loreng tersebut, ikan ini disebut-sebut warganet sebagai ikan Pemuda Pancasila (PP).

Sebenarnya, ikan yang ditemukan oleh angler dalam video singkat itu merupakan ikan baung. Hanya karena corak dan warna tubuhnya saja yang mirip dengan seragam para pemuda pancasila, akhirnya ikan itu kini dikenal juga dengan nama ikan pemuda pancasila.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/wargaguyon/

Sejatinya ikan baung merupakan anggota genus Hemibargus dari keluarga Bagridae. Ikan baung itu masih sekerabat dengan ikan lele, sehingga sekilas keduanya memiliki kemiripan.

Ikan baung adalah ikan air tawar yang hidup di perairan seperti sungai, danau, waduk, hingga rawa. Baung juga banyak ditemukan di perairan di daerah banjir. Di Sungai Musi, Sumatera Selatan, baung juga hidup di muara sungai berair payau. Jadi bisa dikatakan bahwa ada spesies baung yang mampu bertahan hidup di air payau.

Ikan baung yang berhasil ditangkap oleh angler dalam video adalah ikan baung spesies baru yang ditemukan 3 tahun lalu dengan nama ilmiah Ikan Leiocassis rudicula. Ikan baung jenis ini hanya ditemukan di Sungai Mahakam, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/wargaguyon/

Hal itu pun diperkuat dengan komentar salah seorang warganet di balik akun @_fhryan2ur, bahwa “Kalimantan tempat gw banyak ikan ini wkwk”, tulisnya.   

Dilansir dari laman LIPI.go.id, Leiocassis rudicula ini merupakan jenis ikan lele-lelean anggota ketujuh genus Leiocassis dari family Bagridae. Habitatnya hidup di sungai berarus deras dan jernih dengan substrat pasir atau kerikil. 

Persebaran ikan ini hanya terdapat di sungai Mahakam yang menjadikan ikan ini endemik dan perlu menjadi perhatian dalam konservasi.  Hasil temuan spesies baru itu kini disimpan di Museum Zoologicum Bogoriense (MZB) Pusat Penelitian Biologi LIPI, Cibinong, Jawa Barat.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network