Hendak Caplok Kodok Banteng, Ular Ini Malah Terlihat Seperti Menciumnya

"Seekor ular hendak mencaplok kodok banteng."

Viral | 10 April 2023, 05:36
Hendak Caplok Kodok Banteng, Ular Ini Malah Terlihat Seperti Menciumnya

TamanPendidikan.com - Seekor ular hendak mencaplok kodok banteng. Namun nahasnya, situasi justru jadi berbalik. Malah ular yang dicaplok balik oleh kodok.

Video ular dan kodok yang saling caplok ini diunggah oleh akun @safari_wild7 di Instagram. Saat ular dicaplok balik oleh sang kodok menimbulkan momen unik seolah kodok dan ular seperti sedang berciuman.

β€œKiss is not acceptable (ciuman tidak diterima) πŸ™‚πŸ™‚πŸ˜œβ€, tulis keterangan sang pengungggah video melengkapi kolom captionnya dengan sebuah gurauan kalau ciuman yang diberikan ular tidak diterima oleh sang kodok alih-alih kodok itu juga ikut mangap untuk menghalau caplokan sang ular. 

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/safari_wild7/

Sekilas, aksi saling caplok itu memang tidak terlihat seperti sebuah pertarungan sengit antara ular dan kodok banteng. Justru aksi itu terlihat menggemaskan karena saat ular mulai membuka mulutnya dan mengarah kepala kodok, tiba-tiba saja sang kodok malah ikut mangap.

Karena alasan itulah warganet menilai kalau penampakan kedua reptil itu seolah terlihat seperti sedang berciuman. Padahal sebetulnya mereka sedang saling caplok untuk memangsa dan dimangsa.

Sebagaimana diketahui, kodok banteng alias bullfrog Amerika (Lithobates catesbeianus) merupakan salah satu amfibi besar yang beratnya mencapai 0,7 kg. Dengan panjang tubuh dewasanya sekitar 20 cm, bullfrog Amerika adalah spesies terbesar dibandingkan semua katak Amerika Utara. Jika biasanya kodok adalah santapan bagi ular, maka bullfrog Amerika justru dapat memangsa ular-ular berukuran kecil.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/safari_wild7/

Namun karena ukurannya yang tanggung, ular dan kodok dalam video itu jadi saling mangsa. Jelas terlihat dalam video kalau ular itu seolah meremehkan sang kodok dan hendak memangsanya seperti yang biasanya terjadi, di mana ular akan memangsa kodok. Namun, dari sudut pandang sang kodok, ia menilai kalau ular itu masih muat di dalam mulutnya, sehingga ia juga merasa mampu memangsa sang ular.  Alhasil, momen saling mangap untuk mencaplok masing-masing calon mangsanya itu pun terjadi.

Sebagian warganet menduga kalau ularlah yang akan menjadi pemenang dalam pertarungan itu. Sebab dari ukuran tubuh saja sang ular jelas lebih besar dari sang kodok. Dan kalaupun kodok itu berhasil melumpuhkan sang ular, kemungkinan besar ia tidak akan sanggup mencerna besarnya tubuh ular dalam tubuhnya.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/safari_wild7/

Meskipun begitu, belum tentu sang ular benar-benar menjadi pemenang dalam pertarungan itu. Sebab, seperti yang disebutkan oleh laman IDNTimes.com, bahwa ternyata ada beberapa jenis katak yang bisa memangsa ular, seperti halnya bullfrog atau kadang disebut katak banteng.

Bullfrog terkenal memiliki ukuran yang besar. Dengan ukuran sebesar itu, bullfrog amerika tentu sanggup memangsa hewan yang cukup besar pula. National Geographic menyebut bahwa mereka bisa memangsa tikus, ikan, burung, dan ular. Katak ini berburu dengan berkamuflase sambil menunggu mangsanya lewat, baru melompat dan menangkapnya dengan rahangnya yang kuat.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network