Momen Sepasang King Kobra Kawin di Pinggir Jalan, Jadi Tontonan Warga

"Cek videonya di bawah ini."

Viral | 17 April 2023, 04:06
Momen Sepasang King Kobra Kawin di Pinggir Jalan, Jadi Tontonan Warga

TamanPendidikan.com - Bagi kebanyakan orang, melihat proses perkawinan ular King Kobra adalah sesuatu langka. Sebab, ular berbisa terpanjang di dunia tersebut biasanya melakukan hubungan intim di hutan.

Akan tetapi, dalam unggahan akun TikTok @sunstarcebu ini memperlihatan kejadian unik. Di mana, terdapat sepasang King Kobra sedang kawin di pinggir jalan. Ular jantan dan betina terlihat saling menggesekkan anggota tubuhnya, dengan kepala yang menjulur ke atas.

Sontak, momen itu menjadi bahan tontonan bagi warga, bahkan tak sedikit dari mereka yang merekam pemandangan langka tersebut.

@sunstarcebu Two king cobras were spotted beside the highway pf Mawab town, Davao de Oro. #cobra #kingcobra #socialnews #fyp #foryou #tiktoknews #davaodeoro ♬ original sound  - SunStar Cebu

Perlu diketahui, King Kobra adalah hewan yang bersifat soliter, namun pada musim kawin, mereka akan mencari pasangan untuk kawin. Pada umumnya, proses kawin king kobra dapat dilihat dari beberapa langkah berikut:

1. Pencarian Pasangan

Pada musim kawin, king kobra jantan akan mulai mencari pasangan dengan cara mengeluarkan bau feromon dan menandai wilayah keberadaannya dengan feses atau kelenjar di area yang telah ditandai.

2. Persaingan dengan Jantan Lain

Jika dua jantan king kobra bertemu dalam proses pencarian pasangan, mereka akan bersaing untuk memperebutkan hak untuk kawin dengan betina.

Persaingan ini dapat melibatkan perkelahian yang cukup serius dan berbahaya, yang bisa mengakibatkan luka dan bahkan kematian.

3. Proses Pembiakan

Setelah jantan berhasil mendapatkan pasangan, mereka akan memulai proses kawin yang berlangsung beberapa jam.

Pada saat kawin, jantan akan memeluk betina dengan erat menggunakan rahangnya dan melakukan proses kopulasi dengan cara menyilangkan ekornya pada ekor betina.

4. Menjaga Telur

Setelah proses kawin, betina king kobra akan bertelur sekitar 20-40 butir telur dalam lubang yang telah digali di tanah. Betina akan menjaga telur-telurnya selama 60-80 hari hingga menetas dan keluar anak-anak king kobra.

Proses kawin king kobra dapat tergolong berbahaya karena king kobra adalah hewan yang bersifat agresif dan berbisa, sehingga perlu dilakukan dengan hati-hati dan hanya oleh ahli atau peneliti yang terlatih.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network