Penampakan Petir Menyambar Sebuah Pohon dari Jarak Dekat Ini Sungguh Mengerikan

"Sontak, batang pohon itu pun langsung ambruk terbelah seolah baru saja dipotong menggunakan gergaji. Kemudian, batang pohon itu pun jatuh ke tanah."

Viral | 29 April 2023, 02:29
Penampakan Petir Menyambar Sebuah Pohon dari Jarak Dekat Ini Sungguh Mengerikan

TamanPendidikan.com - Petir merupakan salah satu fenomena alam yang memiliki banyak julukan lain seperti halnya kilat, guntur, sampai halilintar. Mengingat Indonesia hanya memiliki dua musim, maka masyarakat Indonesia jelas tidak asing dengan petir ini yang kerap muncul saat musim penghujan. Ciri khas petir adalah adanya kilatan cahaya putih terang kemudian disusul dengan suara dentuman atau gemuruh yang keras dan menggelegar.

Petir memang selalu mengerikan. Namun, pernahkah melihat penampakan petir saat menyambar sebuah pohon dari jarak dekat? Melalui sebuah video singkat unggahan akun @infounik_id warganet Instagram jadi tahu betapa mengejutkan sekaligus mengerikannya sebuah petir saat menyambar sebuah pohon yang menjulang tinggi. 
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CrdxYk8JDCl/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Mulanya, video itu menyorot pada pemandangan sebuah halaman rumah. Lalu, sang perekam video menggerakkan kameranya untuk mengabadikan momen mendung di sekitar rumahnya itu. Sekilas memang sudah terdengar gemuruh tanda sebentar lagi akan ada petir yang menyambar. Namun tanpa di duga, saat sang perekam video ini menyorot sebuah pohon yang memiliki ukuran paling tinggi di antaranya lainnya, tiba-tiba saja petir yang sedari tadi dikhawatirkannya malah menyambar pohon itu. Sontak, batang pohon itu pun langsung ambruk terbelah seolah baru saja dipotong menggunakan gergaji. Kemudian, batang pohon itu pun jatuh ke tanah.

Tak hanya sang perekam video, warganet yang menyaksikan video itu juga ikut kaget saat kilatan petir itu menyambar. Sulit dideskripsikan, tetapi yang jelas mata akan refleks menutup saat menyaksikan videonya karena terkejut melihat kilatan yang super mengerikan. Tak berhenti di situ, batang pohon yang tadi tersambar pun terlihat disertai dengan sedikit kobaran api.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CrdxYk8JDCl/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

"Eudoraphobia menangis melihat ini😂," ujar akun @goldzmas_. Bagi yang belum tahu, eudoraphobia merupakan lelucon di antara para pemain game Mobile Legend tentang rasa takut terhadap "Eudora”. Sebagaimana diketahui, phobia merupakan rasa takut berlebihan terhadap sesuatu. Ketakutan tersebut dapat timbul saat menghadapi situasi, berada di suatu tempat, atau ketika melihat hewan tertentu. Namun, pada kasus eudoraphobia ini, pengidapnya merasa phobia terhadap hero mobile legend bernama Eudora yang dikenal sebagai dewi petir dengan kemampuan yang sangat mematikan.

"Bisa bisanya waktunya pas ngadepin pohon yang mau di samber petir, udah di boking pohonnya?," kata akun @mobilelegends_oleng08 yang heran dengan ketidaksengajaan sang perekam video hingga akhirnya bisa mengabadikan momen langka tersebut. Warganet dengan akun @tonykum_bayern juga menanyakan hal serupa, bahwa "Kok bisa tau kalo pohon itu yang disambar petir?," tulisnya. TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CrdxYk8JDCl/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Pertanyaan serupa dari kedua warganet di atas kemudian ditimpali oleh seorang warganet dengan akun @dipta._.rama yang mengungkapkan kalau "petir menyambar objek yang tinggi, makanya kalo ditengah lapangan kosong itu bahaya dan disarankan tiarap kalo lagi mendung," tulisnya. Warganet di balik akun @lheonardosihotang juga mengungkapkan pendapat serupa, bahwa "1.kebetulan. 2.mungkin yg merekam paham tentang ilmu listrik atau petir bahwa petir akan mudah tersambar pada benda yg runcing dan paling tinggi dari sekitarnya," imbuhnya.

Setelah dilakukan penelusuran informasi lebih lanjut, petir memang lebih menyukai sesuatu yang tinggi seperti halnya pohon. Lalu, daun yang runcing juga menjadi salah satu faktor risiko sambaran petir itu mengenai pohon dalam video. Dalam laman PikiranRakyat disebutkan kalau petir memang lebih mudah menyambar pohon yang paling tinggi dibanding pada yang relatif lebih pendek.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CrdxYk8JDCl/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Namun menariknya, faktor ketinggian ternyata bukan satu-satunya faktor yang menyebabkan petir lebih sering menyambar pohon yang tinggi. Bentuk daun ternyata juga berpengaruh karena semakin runcing daunnya, maka petir semakin "mendekat” ke arah pohon itu.Sebagai tambahan informasi, listrik statis petir memang cenderung akan berkumpul lebih banyak di ujung yang tajam atau runcing dibandingkan permukaan yang relatif datar atau tumpul. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network