Lebaran, Bapak Ini Bikin Baju Melayu dengan Motif Hello Kitty

"Warganet yang menyaksikan video itu pun langsung mengomentari aksi bapak dalam video karena berani tampil beda dengan membuat baju melayunya tampak unik dan kreatif."

Viral | 30 April 2023, 02:49
Lebaran, Bapak Ini Bikin Baju Melayu dengan Motif Hello Kitty

TamanPendidikan.com - Hello kitty selalu identik dengan warna pink dan banyak digemari oleh anak perempuan. Motif hello kitty juga banyak dipakai untuk membuat baju, tas, sampai sepatu untuk anak-anak perempuan karena gambarnya yang lucu dan imut sehingga disukai oleh anak-anak. Namun tak hanya anak kecil, ternyata karakter hello kitty ini juga digemari oleh banyak orang dewasa. Salah satu bukti nyatanya adalah seorang bapak yang baru-bari ini viral dan sukses menjadi sorotan warganet karena pakaian lebarannya yang nyentrik dengan motif hello kitty.

Melalui akun @igtvlelakivsperempuan, warganet dapat menyaksikan betapa menggemaskannya seorang bapak-bapak berpakaian serba pink dengan kain bermotif hello kitty yang dimodel menjadi baju melayu sebagai outfit lebarannya. Dalam video itu, terpampang jelas kalau kain sampin yang seharusnya polos malah dimodifikasi penuh motif hello kitty. Warganet yang menyaksikan video itu pun langsung mengomentari aksi bapak dalam video karena berani tampil beda dengan membuat baju melayunya tampak unik dan kreatif.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CraDKxtpqwn/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

"Itu sampin ke selimut😂," tanya akun @midlaw._ yang keheranan menyaksikan baju melayu milik bapak-bapak dalam video yang begitu nyentrik dengan motif hello kittinya. Sedikit tambahan informasi, sampin itu adalah pakaian orang melayu yang dipakai dengan baju melayu.  Warganet itu menyinggung selimut jelas karena kain motif hello kitty ini memang banyak digunakan sebagai seprei atau bahkan selimut. Jadi ia bertanya apakah baju yang dikenakan oleh bapak dalam video memang kain motif hello kitty yang dibuat sampin atau hanya selimut yang diselubungkan ke tubuh bapak itu.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CraDKxtpqwn/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Video yang viral itu memang berasal dari negara tetangga, alias Malaysia. Namun, Indonesia sendiri punya masyarakat Melayu yang juga mengenakan sampin, seperti halnya masyarakat Riau. Ternyata, memakai sampin atau baju melayu itu ada aturannya loh, tidak boleh sembarangan.

Mengutip dari laman Infopublik.id, songket atau kain sampin merupakan kain yang dililitkan pada bagian luar baju melayu pria dan penggunaan kain samping ini juga ada aturannya tersendiri sesuai dengan budaya melayu.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CraDKxtpqwn/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

"Tidak asal pakai saja, pemakaian baju melayu dan songket itu ada aturannya," kata Syafruddin, Ketua Bidang Agama Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau.

Tidak hanya penggunaan kain sampin, tetapi pemakaian bajunya pun sudah ada aturannya yang terdiri dari dua macam di antaranya baju masuk di dalam kain atau dibiarkan di luar kain sampin. Kain sampin berada di luar baju, apabila atasannya menggunakan kerah model cekak musang namun bila baju atasan memakai jenis teluk belanga, kain samping berada di bagian dalam baju.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CraDKxtpqwn/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

"Selain itu poin lain yang harus diperhatikan yaitu saat mengenakan baju melayu juga menggunakam songkok atau peci. Jenis penutup kepala yang dipakai adalah peci berwarna hitam. Sedangkan untuk acara resmi bisa menggunakan tanjak," pungkasnya. 

Sejauh penjelasan Syafruddin, tidak ada kalimat yang menyinggung soal motif kain sampin yang digunakan. Jadi kemungkinan memang jenis kain apapun boleh digunakan untuk membuat baju melayu asalkan masih mematuhi aturan pemakaiannya, termasuk kain motif Hello Kitty ini. Sebagaimana diebutkan Syafruddin, bapak dalam video sudah mematuhi aturan dengan memasukkan baju ke dalam kain dan menggunakan songkok atau peci yang berwarna hitam. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network