Fenomena Musim Panas di Inggris, Pukul 21.30 Seperti Masih Siang

"Kejadian siang yang lebih panjang dibandingkan malam di Inggris itu merupakan fenomena titik balik matahari musim panas."

Feature | 10 May 2023, 04:14
Fenomena Musim Panas di Inggris, Pukul 21.30 Seperti Masih Siang

TamanPendidikan.com - Inggris merupakan salah satu negara yang terletak di belahan bumi utara alias masuk dalam benua Eropa. Berbeda dengan Indonesia yang hanya memiliki dua musim, Inggris hidup dalam empat musim yang terdiri atas musim panas, musim gugur, musim dingin, dan musim semi. Alasan yang mendasari terjadinya empat musim di kawasan Eropa adalah lokasinya yang bukan berada di area tropis, sehingga matahari tidak selalu berjalan tepat di atasnya. 

Laman Kumparan.com menyebut kalau negara Eropa (termasuk Inggris) memiliki urutan dan waktu terjadi 4 musim berupa musim semi terjadi pada bulan Februari hingga April, musim panas pada bulan Mei hingga Juli, musim gugur pada bulan Agustus hingga Oktober, dan musim dingin pada bulan November hingga Januari.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/Cr7Me-IpOpJ/?utm_source=ig_web_copy_link

Mengingat saat ini telah masuk bulan Mei, berarti sekarang di Inggris memang sedang musim panas. Wajar saja, seorang wanita Indonesia yang tinggal di Inggris membagikan pengalamannya saat ia mengalami hari-hari yang panjang saat musim panas, yang mana pukul 21.30 malam saja masih tampak cerah seperti halnya siang hari.

"Dallas (anaknya) ngga mau tidur. Karena masih terang, katanya. Tapi ini udah malam hari, pemirsa. Jadi tidak ada pilihan harus pejam mata karena besok harus sekolah. Jernih banget kan ya, malam hari di sini? Richy (suaminya) juga masih nonton padahal sudah jam 9 malam, karena dia bingung masih siang atau sudah malam. Lihat mataharinya. Dallas nggak bisa tidur karena di luar masih terang benderang. Dari tadi dia mau tidur tapi tidak bisa," ucap seorang wanita yang merekam fenomena musim panas di Inggris, yang mana pukul 21.30 masih sangat terang benderang sinar matahari memancar.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/Cr7Me-IpOpJ/?utm_source=ig_web_copy_link

Video singkat unggahan @faktaduniakini itu pun sukses membuat warganet yang menyaksikan videonya terheran-heran. Kalau wanita dalam video tidak mengungkap fakta di sana sudah pukul 9 malam, mungkin warganet akan mengira kalau itu adalah siang hari biasa. Sebab, dari pemandangan yang tampak,  video itu jelas-jelas menunjukkan kalau di Inggris masih siang hari. Kok bisa?

"Bagaimana bisa disebut malam sementara langit msh terlihat biru & terang. Dan mataharinya pun masih nampak bersinar ? #secara ukuran jam memang bener sih 21.00 itu true / fact > malam. Kasihan, ga bisa tidur nyenyak. Fenomena alamnya beda dg yg ada di tanah air 🙂🙂," komentar akun @alimustajab2823.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/Cr7Me-IpOpJ/?utm_source=ig_web_copy_link

"Selama masih ad matahari, disebut siang jadi masih jam 21.30 siang.... 🔥🔥🔥," ujar akun  @ifulk.ymi yang tetap yakin kalau masih ada matahari berarti masih siang sekalipun waktu sudah menunjukkan angka malam hari.

"Hah,, aneh tapi nyata ya,, itulah makanya Tuhan menciptakan siang dan malam,supaya manusia bisa mensyukuri apa yg mnjadi kuasaNya,, siang utk bekerja, malam utk istrht,,, fenomena yg trjadi di Eropa hanyalah beberapa saat saja,, bayangkan saja kalo seumur umur kita nggak prnah mendapati malam,😢," tutur akun @kodariyah3285.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/Cr7Me-IpOpJ/?utm_source=ig_web_copy_link

Ternyata, kejadian siang yang lebih panjang dibandingkan malam di Inggris itu merupakan fenomena titik balik matahari musim panas. Pada fenomena ini, bumi lebih miring ke arah matahari, sehingga di bagian utara akan mengalami musim panas, sedangkan bagian selatan akan mengalami musim dingin. Di Inggris, ketika fenomena ini terjadi, matahari terbit pukul 5 pagi dan baru terbenam pukul 10 malam.

Menurut laman CNN Indonesia, fenomena titik balik matahari ini berkaitan dengan gerak semu tahunan Matahari. Gerak semu inilah yang menyebabkan seolah Matahari bergerak lebih ke utara atau selatan. Padahal pergerakan Matahari itu akibat kemiringan poros Bumi ketika berputar mengelilingi Matahari. Sehingga, bagi pengamat di Bumi seolah Matahari "bergerak" ke utara dan selatan Bumi.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/Cr7Me-IpOpJ/?utm_source=ig_web_copy_link

Peristiwa titik balik matahari ini menyebabkan Matahari tak pernah tenggelam di Artik, Kutub Utara. Bagi warga di belahan Bumi utara lain, seperti Amerika Utara dan Eropa, momen ini menimbulkan waktu siang terpanjang sepanjang tahun. Itulah mengapa siang hari di Inggris seperti dalam video menjadi lebih panjang dari biasanya. Mungkin, pukul 9 malam di hari-hari biasa itu sudah gelap karena malam. Namun, kalau Inggris sedang mengalami peristiwa titik balik matahari, maka pukul 9 malam masih bisa disebut siang karena matahari belum tenggelam. Persis seperti yang terjadi dalam video.

"Alhamdulillah tinggal di Indonesia antara siang dan malam nya jelas..pembagian waktu nya pas. Terima kasih ya Allah," tulis akun @win_da2010 yang bersyukur karena Indonesia memiliki pembagian waktu yang cukup ideal sehingga tidak perlu merasakan peristiwa-peristiwa siang lebih lama atau malam lebih lama. Sebab, bagaimanapun juga Indonesia berada di garis khatulistiwa, persis di tengah-tengah bumi. Alhasil, saat matahari cenderung serong ke utara atau ke selatan, Indonesia tidak terlalu terpengaruh dan pembagian waktu antara siang dan malam hari masih terbilang ideal, yakni terbenam sekitar pukul 6 sore dan terbit sekitar pukul 6 pagi.  


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network