Video Wanita Panen Buah Manggis dari Pohon Merambat Ini Bikin Ngakak

"Video kontroversial pohon manggis yang merambat"

Viral | 23 June 2023, 08:07
Video Wanita Panen Buah Manggis dari Pohon Merambat Ini Bikin Ngakak

TamanPendidikan.com - Seorang konten kreator Agrikultur yang populer dengan sapaan Gold Farmer🧑🏻‍🌾🏆membagikan sebuah video singkat yang kontroversial. Melalui akun pribadinya @zarvarz, warganet Instagram diajak untuk menyaksikan sebuah keajaiban di mana buah manggis dipanen dari pohon yang merambat. Namun, benarkah ada manggis yang pohonnya merambat?

Video itu bermula ketika sang perekam video menyorot seorang wanita yang hendak memanen buah manggis. Wanita berjaket abu-abu itu tampak berada di sebuah rumah kaca tempat di mana buahnya dibudidayakan. Seharusnya pohon manggis itu menjulang tinggi, tetapi di dalam rumah kaca itu hanya ada tumbuhan merambat yang tampak subur. Untuk menjawab pertanyaan warganet, wanita itu mengangkat satu pohon yang kemudian nampaklah enam buah manggis bergelantungan di batang pohon itu.

 TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/zarvarz/

Untuk membuktikan kebenarannya, wanita itu memetiknya lalu membelah sebuah manggis yang telah dipilihnya. Terpampang nyata kalau buah itu memang benar-benar manggis. Namun, warganet masih belum bisa mempercayai konten video itu sepenuhnya karena setahu mereka pohon manggis tidak merambat, tetapi menjulang tinggi. Sebagain dari mereka pun langsung mengungkapkan opininya di kolom komentar.

Telaten sekali ngiketin manggis ke pohon semangka…”, ujar @diah_quillingandcraft bernada sarkas. Tak berselang lama, komentar itu pun ditimpali oleh warganet lain, “setelah buah semangka berdaun sirih, timbullah buah manggis berdaun semangka😂”, balas @msukmayati yang sukses dibuat geleng-geleng kepala menyaksikan buah manggis yang dipetik dari pohon semangka. Kalau diperhatikan lebih detail, pohon merambat di video memang pohon semangka alih-alih pohon manggis betulan.

Mereka seharusnya TIDAK boleh membuat video yang menyesatkan. Bagaimana jika anak-anak menonton dan berpikir ini benar?? (Manggis tumbuh di pohon.)”, kata akun @freebirdbluejay yang merasa geram kala menyaksikan konten itu.

Pembodohan publik”, timpal akun @mujiceneng memiliki pendapat serupa.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/zarvarz/

Ini cuma konten atau mereka memang blm pernah liat pohon manggis yg sebenarnya🤔”, tanya akun @euis7359. Ia merasa sangat heran dengan konten itu karena tidak menampilkan fakta atau kebenaran dari pohon manggis yang sebenarnya.

Laman Trenggalekkab.go.id mengedukasi masyarakat dengan membagikan informasi soal pohon manggis yang merupakan pohon abadi. Pohon manggis bahkan bisa tumbuh hingga mencapai tinggi pohon 25 meter dan memiliki banyak percabangan ke samping. Semakin tua usia pohon ini maka buahnya akan semakin banyak.

Setelah pohon manggis berbunga dan bunga tersebut mekar, maka buah manggis akan muncul di tengah-tengah bunga tersebut dan kelopak bunga tidaklah rontok melainkan semakin keras dan menempel pada kulit buah manggis. Menurut para ahli, pohon manggis hanya satu jenisnya. Namun jika tanaman ini ditanam di tempat yang berbeda-beda maka akan menghasilkan buah manggis dengan kualitas yang berbeda pula.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/zarvarz/

Jika pohon manggis ini tumbuh dari biji, maka pohon manggis akan mulai berbuah ketika sudah berumur 8-10 tahun, sementara jika pohon ini dibudidayakan dengan cara vegetative misalnya stek, maka pohon manggis akan lebih cepat berbuah, yakni sat pohon telah berumur sekitar 5 tahun.

Jadi, dapat disimpulkan kalau pohon manggis itu tidak ada yang merambat. Berkaitan dengan video viral itu, bisa jadi buah manggis yang sudah dipanen dari pohon sebenarnya ditempelkan ke pohon semangka yang memang merambat untuk keperluan konten. Lalu, sang pembuat video mengklaim bahwasannya pohon manggis itu merambat. Padahal faktanya tidak demikian. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network