Singa Masuk Kampung dan Mangsa Sapi, Warga Cuma Bisa Nonton

"Singa betina masuk ke perkampungan memangsa seekor sapi"

Viral | 24 June 2023, 04:15
Singa Masuk Kampung dan Mangsa Sapi, Warga Cuma Bisa Nonton

TamanPendidikan.com - Kemunculan seekor singa betina menggegerkan warga di salah satu perkampungan di India. Singa betina itu masuk ke perkampungan memangsa seekor sapi.

Penampakan singa betina yang lapar dan mangsa seekor sapi ini diunggah oleh akun @nasitkamal di Instagram. Di situasi ngeri tersebut, warga sekitar cuma bisa nonton kejadian  dari jauh. Sebagai antisipasi dari bahaya singa betina yang lapar, warga menonton kejadian itu di teras rumah atau  memanjat atap dan menyaksikannya dari atas rumah.

Aksi pemangsaan sapi itu dilakukan oleh singa di tengah jalan setapak yang kanan kirinya adalah rumah warga. Kemungkinan, singa itu baru saja datang dari habitatnya menuju perkampungan untuk mencari mangsa. Melihat ada seekor sapi yang berkeliaran, singa itu pun langsung menyergapnya untuk dijadikan santap siang.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/nasitkamal/

Kalau diperhatikan lebih detail, singa betina itu terlihat sangat kurus. Bisa jadi, singa itu sudah sangat lama tidak makan karena langkanya hewan lain yang bisa dimangsa. Oleh karena itu, sang singa sampai masuk ke area perkampungan guna mendapatkan makanan.

Karena video viral itu berasal dari India, maka singa yang tampak dalam video adalah singa asia atau nama lainnya adalah singa India atau dikenal juga sebagai singa persia yang memiliki nama latin Panthera leo persica. Singa itu adalah subspesies singa yang hidup sebagai populasi tunggal di Gujarat, India.

Singa India berbeda dari singa Afrika  karena mereka memiliki ekor yang lebih besar dan bulu tengkuk yang tidak terlalu mengembang. Yang paling khas adalah panjang tubuh singa India itu dapat mencapai angka 190 cm dengan panjang ekor kira-kira 80–90 cm.

Singa berhabitat alami di padang rumput. Fakta menariknya, mereka ini tergolong hewan yang noktural, yakni dalam sehari hanya akan berbaring di bebatuan atau di bawah pohon yang teduh selama 20 jam, sedangkan sisa waktunya digunakan untuk berburu.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/nasitkamal/

Umumnya, tiap kelompok singa terdiri dari 1–6 ekor pejantan dan  4–15 ekor betina. Jika makanan habis, maka singa betina adalah sosok yang harus mencari makanan sambil meluaskan wilayah kekuasaan. Lalu, bagaimana dengan singa jantan? Rupanya, tugas utama dari singa jantan adalah melindungi para betina dari singa jantan kelompok lain dan menjaga wilayah kekuasaan. 

Sebagai karnivora atau pemakan daging, singa biasanya memangsa mamalia besar yang beratnya sekitar 50–500 kg. Bukti nyata dapat disaksikan dalam video kalau singa itu memangsa sapi yang bisa dibilang ukuran tubuhnya sedikit lebih besar dari sang singa. Meskipun begitu, singa juga tidak melewatkan kesempatan dan tetap memangsa hewan kecil seperti burung, reptil, dan serangga. 

Karena pembukaan hutan dan pemanfaatan savana untuk kepentingan manusia, habitat asli singa jadi rusak sehingga jumlah singa di alam pun semakin langka. Bahkan tak jarang singa itu sampai masuk ke area permukiman warga untuk mencari makan, seperti yang terjadi dalam video. Karena ulah manusia itu juga, singa jadi lebih sering dilaporkan menerkam manusia, seperti yang terjadi di Tanzania pada tahun 2004. Namun, sekarang ini singa lebih banyak digunakan oleh para polisi di Afrika untuk membantu menangkap pemburu liar.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network