Ribuan Ikan Ngapung Di Permukaan Laut, Nelayan Ini Tinggal Serok

"Ribuan ikan didapati nelayan mengapung di permukaan air laut."

Viral | 28 June 2023, 01:10
Ribuan Ikan Ngapung Di Permukaan Laut, Nelayan Ini Tinggal Serok

TamanPendidikan.com - Ribuan ikan didapati nelayan mengapung di permukaan air laut. Fenomena alam ini diunggah dalam tayangan video oleh akun @gofishingindonesia di Instagram. Di video itu terlihat dua kelompok nelayan menyerok ikan-ikan yang ngapung di permukaan laut. Nampak, ikan-ikan tersebut dalam kondisi masih hidup.

Kemunculan ikan ke permukaan laut itu,  diansir dari laman Kilat.com yang mengutip pernyataan Fahmi dari Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan dan Penelitian (LIPI), dapat diakibatkan oleh ketersediaan sumber makanan yang melimpah di permukaan laut. Namun, untuk mengetahui penyebab yang lebih spesifik, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai  kandungan perairan di wilayah tersebut.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/gofishingindonesia/

Menurut Fahmi, produktivitas perairan sering meningkat pada musim-musim tertentu. Hal itu biasanya dikaitkan dengan fenomena upwelling atau percampuran massa air laut yang rutin terjadi di daerah tersebut setiap tahunnya.

Melansir dari pendapat Catur Nur Amin, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, mengatakan bahwa ada tiga kemungkinan penyebab fenomena ikan-ikan kecil bermunculan ke tepi pantai. Pertama, ikan-ikan itu bergerak ke tepi pantai untuk menghindari predator. Kedua, ikan bergerombol itu bermunculan di tepi pantai karena adanya perubahan suhu di dasar laut, di mana musim pancaroba mengakibatkan adanya perubahan suhu air laut. Akibatnya ikan-ikan kecil itu bermunculan ke permukaan untuk mendapatkan suhu yang lebih hangat. Ketiga, adanya gelombang besar yang menyebabkan ikan-ikan kecil itu terseret ke perairan di dekat daratan.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/gofishingindonesia/

Seperti penyebab pertama, @akhwat.jatim_ menduga kalau ikan dalam video sedang menghindari predator besar di bawah laut seperti hiu ataupun paus. 

Ikan jenis gini biasa bergerombol bisa jadi gerombolan ikan ini lgi diserang dari bawah sama predator besar makannya naik. Gk tau aja ikan2 ini klo diatas ada predator terbesar didunia (manusia) 🤣”, ujarnya.

Berbeda dengan komentar sebelumnya, warganet di balik akun @hdkusumaa justru salah fokus dengan serokan yang digunakan oleh nelayan dalam video untuk menangkap ikan. Ia menuturkan bahwa “minimal serokannya pake yg selebar net badminton harusnya 😂”, ujarnya. “Saya juga gemes liatnya. Ikan sbanyak itu serokkannya ya ampunnnn....”, timpal @bahriah151.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network