Sudah Tinggal Salam, Salat Iduladha Ini Bubar Gara-Gara Sapi Lepas

"Suasana khusyuk warga komplek perumahan yang sedang melaksanakan sholat idul adha tiba-tiba buyar."

Viral | 01 July 2023, 04:14
Sudah Tinggal Salam, Salat Iduladha Ini Bubar Gara-Gara Sapi Lepas

TamanPendidikan.com - Suasana khusyuk warga komplek perumahan yang sedang melaksanakan sholat idul adha tiba-tiba buyar. Di tahiyat akhir menjelang salam, tiba-tiba ada hal yang tak terduga terjadi.

Para jamaah itu malah berlarian kocar-kacir meninggalkan tempat sholat. Ternyata ada seekor sapi berwarna cokelat yang bertubuh besar terlepas dan berlarian kesana kemari di sekitaran masjid.

Video jamaah sholat idul adha yang kocar kacir karena sapi lepas ini diunggah oleh akun instagram @outfithijabterbaik. Melalui kamera pengawas alias CCTV di pojok teras masjid itu, para warga terlihat melaksanakan sholat idul adha di pelataran masjid dengan beralaskan tikar dan sajadah.

 TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/outfithijabterbaik/

Sapi yang lepas itu , sontak mmebuat para jamaah pun langsung berlarian untuk menyelamatkan diri dari serangan sang sapi. Para jamaah pun langsung berlarian seperti tawon bubar.

โ€œ๐Ÿฎ : apasih heboh amat, orang gw cuman mau lewatโ€, tulis @tegar_n7 di kolom komentar seolah-olah mengetahui sudut pandang sang sapi.

โ€œEmak2 solat pakai spion, bisa tau ada sapi lewat, padahal sapinya uda sopan lewat pinggir shafโ€, ujar @rinoaditya_pradana.

โ€œKan itu ada yang ngejar, mungkin teriak teriak, atau sapinya yang teriak wkwkโ€, kata akun @halah.yana membalas komentar sebelumnya.

โ€œTapi Sapi tahu mana yg harus dilewati.. yg saya lihat dia ga nyeruduk org sholat.. dia berlari dh minggir bgt..karna org2 panik akhirnya kaki sapi kpeletot.. iya gak sih..โ€, tanya akun @ahzafauziah yang memuji sapi lepas itu karena tidak berlarian asal menyeruduk orang salat.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/outfithijabterbaik/

โ€œTapi ttp aja salah kenapa lewatnya gak nunggu salam dulu padahal dikit lagi salam...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚โ€, timpal akun @iiskha86.

Berbeda dengan komentar-komentar sebelumnya, dua orang warganet justru menyoroti soal sapi mengamuk dan terlepas saat qurban lebih sering terjadi di daerah perkotaan dibandingkan di pedesaan.

โ€œBanyak sapi ngamuk Saat idul adha tu di perkotaan, karna banyak yg ga paham gimana โ€˜megangโ€™ sapi. Banyak banget sapi2 yg melihat temannya diikat, dijatuhkan paksa smpe gedebug, Trus disembelih, pasti lah, Dia stress, takut, akhirnya pengen kaburโ€, ujar @althafn.s menduga alasan di balik banyaknya sapi ngamuk umumnya terjadi di perkotaan.

โ€œTapi emang bener bang, memperlakukan sapi dengan baik, saat menjatuhkannya beramai-ramai secara perlahan kaya posisi dia mau tidur, pokoknya dibikin sampai dia nyaman, gak boleh dibanting secara kasar, dan kalo tempatnya luas, sapi yang masih hidup ditempatkan agak berjarak atau diberi penutup, biar gak liat 'temen-temennya' disembelih, sebab meski hewan gak punya akal, tapi hewan punya rasa takut dan sakit. itu salah satu adab dalam memperlakukan dan menyembelih hewan qurban. ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™โ€, ungkap @erwingotawaa mendukung komentar sebelumnya.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/outfithijabterbaik/

Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu hari yang paling dinanti umat muslim di seluruh dunia. Saat hari raya idul adha tiba, masyarakat yang beragama muslim akan menyisihkan sebagian rezekinya untuk membeli hewan qurban seperti kambing maupun sapi untuk diqurbankan. 

Perayaan hari raya idul adha dimulai pada malam 10 Dzulhijjah, di mana setiap umat islam berbondong-bondong pergi ke masjid untuk mengumandangkan takbir bersama. Selanjutnya, pada pagi harinya tepat di tanggal 10 dzulhijjah para umat islam akan pergi ke masjid atau lapangan untuk melaksanakan salat idul adha secara berjamaah sebelum dilakukannya pemotongan hewan qurban. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network