Jelaskan Pengertian Jujur, Manfaat, Ciri-ciri dan Penerapannya

"Bersikap jujur akan membawa kedamaian dalam hidup"

Edukasi | 16 August 2022, 07:20
Jelaskan Pengertian Jujur, Manfaat, Ciri-ciri dan Penerapannya

TamanPendidikan.com - Jujur dalam kehidupan sehari-hari adalah suatu hal yang sangat penting untuk dilaksanakan. Karena dengan jujur, kita akan terbebas dari persaan bersalah terhadap seseorang.

Sikap jujur sudah ditanamkan pada diri kita sejak dini.  Dengan kejujuran manusia akan terhindar dari sebuah permasalahan dalam hidupnya.

Menurut Mohammad Mustari, pengertian jujur adalah suatu perilaku manusia yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap dirinya maupun pihak lain.

Sedangkan, pengertian jujur dalam Islam adalah upaya untuk selalu menyelaraskan perbuatan dan perkataan. Sikap jujur akan berdampak positif untuk seseorang yang menerapkannya.

Meraka yang jujur akan selalu dapat dipercaya dalam tindakan, ucapan, dan aksi nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Secara umum dapat diartikan bahwa jujur adalah sebuah keselarasan antara perkataan yang diucapkan dan perbuatan yang dilakukan oleh seseorang.

Jadi, seseorang dapat dikatakan jujur apabila mereka mengucapkan sesuatu yang sesuai dengan tindakan yang mereka lakukan.

Seseorang yang menanamkan sifat jujur akan mendapatkan manfaat baik dalam hidupnya ataupun untuk orang lain di sekitarnya.

Mereka yang jujur juga akan merasakan perasaan tenang, bersikap bertanggungjawab, jauh dari hal-hal yang melanggar aturan, dan akan dipercaya orang lain.

Manfaat Bersikap Jujur
Setelah kita memahami apa itu arti sebuah kejujuran, berikut adalah manfaat yang dapat kita petik saat kita menerapkan sifat jujur:
- Merasa Damai
Saat kita bersikap  jujur, maka akan menciptakan rasa saling percaya dan menghargai. Jadi, kita akan selalu merasakan damai dalam hidup.

- Terhindar dari Fitnah
Ketika kita selalu bersikap jujur dalam perkataan, orang lain akan menaruh rasa percaya pada diri kita. Jadi, kita akan terhindar dari tuduhan atau fitnah.

- Mendapat Ridho Tuhan
Jujur adalah salah satu dari perintah Tuhan. Maka, mereka yang bersikap jujur akan selalu mendapat ridho Tuhan.

Ciri-ciri Orang Jujur
Kita dapat melihat tanda-tanda seseorang itu jujur atau tidak. Berikut adalah ciri-ciri orang yang jujur:
- Selalu berkata benar
- Selalu bertindak sesuai perkataan
- Selalu patuh pada perintah dan larangan Tuhan
- Tidak ingkar janji

Penerapan Sikap Jujur
Jujur tidak hanya sekedar diucapkan, tetapi jujur juga harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut merupakan contoh sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari:
- Tidak melakukan suap
- Menyampaikan informasi dengan benar
- Tidak melakukan korupsi
- Tidak melakukan fitnah
- Menaati rambu-rambu lalu lintas


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network