Jelaskan Pengertian Ruang, Ketahui Konsep dan Syarat-syaratnya

"Seberapa Dalam Pengetahuan Kalian Tentang Ruang? yuk Disimak!"

Edukasi | 17 August 2022, 04:05
Jelaskan Pengertian Ruang, Ketahui Konsep dan Syarat-syaratnya

TamanPendidikan.com - Makhluk hidup tidak hanya membutuhkan makanan untuk melangsungkan hidupnya. Tetapi, mereka juga memerlukan ruang. Apa itu ruang?

Pengertian ruang adalah tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang digunakan oleh makhluk hidup untuk tinggal.

Ruang sendiri meliputi semua tempat yang ada di permukaan bumi, seperti tanah, udara, dan juga mineral yang ada di dalam tanah.

Berbagai makhluk organisme telah menjadi bagian dari ruang, maka dari itu batas ruang bisa diartikan sebagai tempat dan unsur-unsur yang mempengaruhi seluruh kehidupan di permukaan bumi ini.

Adapun karakteristik ruang yaitu meliputi bentuk, fungsi, dan kondisi fisik yang berbeda. Misalnya, ruang kelas yang digunakan manusia untuk belajar berbeda dengan ruang yang digunakan hewan seperti semut untuk makan.

KONSEP RUANG

Dikutip dari buku Konsep Dasar IPS oleh Yulia Siska, M.Pd., berikut adalah konsep dasar dari ruang:

1. Ruang adalah tempat di permukaan bumi baik
2. Ruang tidak hanya sebatas udara, tetapi juga lapisan atmosfer terbawah yang memengaruhi permukaan bumi.
3. Ruang dapat mencakup sebuah perairan yang ada di permukaan bumi, seperti laut, sungai, dan danau. Sedangkan di bawah permukaan bumi terdapat air, dan tanah sampai ke kedalaman tertentu.
4. Ruang mencakup berbagai lapisan tanah dan batuan, yang menjadi sumber daya bagi kehidupan.
5. Ruang adalah tempat bagi manusia melakukan interaksi.

Ruang juga memiliki dimensi, dan dimensi ruang digunakan untuk melihat alam sebagai tempat, sekaligus penyedia berbagai potensi sumber daya.

Ruang disebut juga dengan dimensi spasial. Artinya, ruang merupakan tempat terjadinya berbagai peristiwa alam baik secara sejarah dalam proses perjalanan waktu, dan sosial.

Apa Itu Pengertian Interaksi Antar Ruang?

Berbagai ruang di permukaan bumi memiliki karakteristik yang khas. Karakteristik tersebut dapat berupa tanah, batuan, tumbuhan dan lain-lain yang berbeda.

Perbedaan karakteristik ruang tersebut menyebabkan adanya interaksi antarsatu ruang dengan lainnya, karena setiap ruang membutuhkan ruang lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Hal ini mencakup aspek-aspek ekonom, sosial, budaya dan pendidikan. Perbedaan potensi sumber daya adalah salah satu alasan terjadinya interaksi antar ruang.

Interaksi antar ruang juga dapat diartikan sebagai pergeseran atau pergerakan suatu wilayah ke wilayah lain, atau wilayah asal ke wilayah tujuan.

Contohnya, wilayah pegunungan umumnya merupakan penghasil sayuran, sedangkan daerah pesisir menghasilkan ikan laut. Interaksi antar ruang dapat berupa pergerakan orang, barang, informasi dari daerah asal menuju daerah tujuan.

Interaksi tidak langsung  terjadi melalui berbagai cara, misalnya seperti membaca berita, melihat tayangan di televisi, YouTube dan lain sebagainya.

Syarat-syarat Terjadinya Interaksi Antar Ruang:

Interaksi antar ruang dapat terjadi apabila beberapa faktor ini dapat terpenuhi. Faktor yang dimaksud adalah saling melengkapi (complementarity), kesempatan antara (intervening opportunity), dan keadaan yang dapat diserahkan/dipindahkan (transferability).


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network