Jelaskan Pengertian Kerja Sama, Berikut Manfaat, Tujuan dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

"Kenapa sih orang perlu melakukan kerja sama? Nah, simak penjelasannya."

Edukasi | 23 August 2022, 03:29
Jelaskan Pengertian Kerja Sama, Berikut Manfaat, Tujuan dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

TamanPendidikan.com - Pengertian kerja sama, Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008: 704) kerja sama merupakan sesuatu yang ditangani oleh beberapa pihak. Kerja sama adalah sebuah sikap mau melakukan suatu pekerjaan secara bersama-sama tanpa melihat latar belakang orang yang diajak bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan.

Kerja sama bisa terjadi ketika individu-individu yang bersangkutan mempunyai kepentingan dan kesadaran yang sama untuk bekerjasama untuk mencapai tujuan dan kepentingan bersama.

Selain itu, kemampuan kerja sama mampu meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan berinteraksi, serta melatih seseorang untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Manfaat Kerja Sama

Adapun manfaat melakukan kerja sama, yaitu menumbuhkan rasa kebersamaan dan menciptakan rasa kepedulian terhadap orang lain. Contoh kerja sama di rumah adalah membersihkan rumah bersama-sama, membantu orang tua menyelesaikan pekerjaan rumah dan hemat dalam memakai listrik.

Tujuan Kerja Sama

Kerja sama merupakan tindakan positif yang harus terus dikembangkan. Berdasarkan keterangan di eprints.uny.ac.id, berikut tujuan melakukan kerja sama:

1. Mengembangkan tingkat pemikiran yang tinggi, keterampilan komunikasi, minat, percaya diri, kesadaran bersosial, hingga toleransi.
2. Mengembangkan cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah.
3. Mendorong ekplorasi yang melibatkan beragam sudut pandang.
4. Menumbuhkan hubungan yang saling mendukung dan menghargai anatar sesama.

Berdasarkan beberapa tujuan kerja sama di atas, bisa disimpulkan bahwa tujuan kerja sama yaitu mempermudah seseorang untuk mencapai tujuan bersama, serta menyelesaikan masalah dengan cepat.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Kerja Sama

Agar kerja sama terjadi, tentu ada beberapa faktor yang memicunya. Nah, di bawah ini adalah faktor-faktor tersebut, antara lain:

1) Adanya Kepentingan Bersama

Faktor pertama yang membuat kerja sama terjadi adalah adanya kepentingan. Kepentingan ini tidak selalu berkaitan dengan materi, tetapi juga moral, pemikiran, rohani, dan lain-lainnya.

2) Saling Mengerti

Agar tujuan bersama mudah tercapai, maka dibutuhkan sikap saling mengerti antar satu individu dengan individu yang lainnya. Dengan pengertian, kekompakkan dalam bekerja sama akan tercipta.

3) Keadilan

Sikap adil dapat mempengaruhi kerja sama terjadi. Dengan sikap ini, seseorang yang terlibat dalam kerja sama akan mendapatkan imbalan yang setimpal sesuai dengan kontribusi yang diberikan.

4) Saling Membantu

Setiap orang yang terlibat dalam kerja sama harus memiliki sikap ini. Sebab, komitmen seperti inilah yang menjadi dasar dari kerja sama agar tujuan bisa dengan mudah tercapai.

5) Saling Melayani

Perilaku saling melayani dapat mempermudah kerja sama tercapai. Bayangkan, jika ada salah satu orang yang hanya mau dilayani, tetapi tidak mau melayani. Maka ini bisa menimbulkan kerusakan dalam kerja sama.

6) Satu Tujuan

Namanya kerja sama harus satu misi dan satu tujuan. Hal ini bisa mencegah terjadinya sesuatu yang fatal dalam kerja sama, seperti adanya kepentingan pribadi.

7) Adanya Penghargaan

Pada poin ini, yang dimaksud adalah memberi apresiasi berupa hadiah atau ucapan selamat kepada orang yang memiliki kontribusi besar di dalam kerja sama. Karena secara ilmial, orang akan merasa bahagia jika mendapatkan itu dan ini bisa meningkatkan semangatnya dalam kerja sama.

8) Adanya Rasa Tanggung Jawab

Dalam bekerja sama, setiap orang pasti memilik tugas tau tanggung jawabnya masing-masing. Namun, apabila ada salah satu yang tidak bertanggung jawab, ini dapat menyebabkan rencana kerja sama berantakan.

9) Sikap Toleransi

Pengertian kerja sama adalah sebuah tindakan yang dilakukan yang dilakukan bersama-sama. Artinya, dalam menyelesaikan tugas tersebut terdapat beberapa pihak yang terlibat. Tentu saja, setiap individu yang ada didalamnya memiliki cara pandang hingga kebiasaan yang berbeda. 

Maka dari itu, agar kerja sama bisa terwujud dengan baik, diperlukan sikap toleransi yang tinggi antara individu. Hal ini dilalukan untuk menghindari terjadinya cek-cok, dan juga ketidaknyamanan satu orang dengan yang lain.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network