Cara Menggunakan Telegram di HP atau PC, Sangat Mudah untuk Pemula

"Simak cara menggunakan Telegram di HP atau PC berikut ini"

Edukasi | 08 September 2022, 06:15
Cara Menggunakan Telegram di HP atau PC, Sangat Mudah untuk Pemula

TamanPendidikan.com - Telegram adalah Aplikasi pesan chatting yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan chatting.

Aplikasi Telegram banyak dipakai di Indonesia dikarenakan kelengkapan fitur-fiturnya. Sekarang muncul banyak pengguna baru dari Telegram.

Telegram mirip dengan WhatsApp, namun keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Berikut adalah beberapa kelebihan dari aplikasi Telegram adalah gratis, mampu mengirim pesan lebih cepat, aplikasinya ringan untuk dijalankan, mampu berbagi file dengan ukuran lebih besar, dan lain sebagainya.

Bagi pemula, pertanyaannya adalah bagaimana cara menggunakan Telegram? Simak penjelasan berikut ini tentang cara menggunakan Telegram di hp atau laptop, sangat mudah untuk pemula.

Cara Menggunakan Telegram di HP

1. Unduk aplikasi Telegram di Google Play Store.

2. Pasang aplikasi tersebut di smartphone anda.

3. Buka aplikasi tersebut dan pilih opsi Start Messaging.

4. Geser kursor sampai ke bagian masukkan nomor ponsel.

5. Kemudian masukkan nomor ponsel yang aktif.

6. Lalu, masukkan nomor OTP yang telah di kirim ke anda.

7. Telegram siap digunakan.

Cara Menggunakan Telegram di PC

1. Pertama, silahkan unduh aplikasi Telegram di situs desktop.Telegram.org melalui aplikasi browser pada laptop.

2. Kemudian, anda bisa klik tombol "Get Telegram for Windows" jika laptop Anda menggunakan sistem operasi Windows. Namun, jika anda menggunakan sistem operasi bukan Windows, kamu bisa klik pada pilihan ‘Show All Platforms’.

3. Pada "Show all platforms", terdapat beberapa pilihan sistem operasi lainnya, seperti MacOS, Linux 64 bit, dan Linux 32 bit. Silahkan unduh aplikasi Telegram sesuai dengan sistem operasi yang digunakan pada laptop anda.

4. Selanjutnya, tunggu proses unduhan hingga selesai.

5. Setelah aplikasi Telegram berhasil diunduh, langkah selanjutnya adalah menginstall aplikasi tersebut dengan cara membuka aplikasi yang telah diunduh.

6. Setelah itu, akan muncul opsi untuk memilih bahasa yang digunakan untuk menginstall aplikasi. Klik pilihan OK setelah anda memilih bahasa yang digunakan.

7. Lalu klik tombol "Next" pada opsi untuk memilih lokasi file aplikasi yang akan diinstal.

8. Klik toombol "Next" pada opsi untuk membuat folder di Data C yang ada di PC kamu.

9. Klik tombol "Next" pada opsi untuk membuat shortcut di Dekstop PC kamu.

10. Terakhir, klik tombol install dan tunggu proses install aplikasi Telegram hingga selesai.

11. Setelah aplikasi berhasil diinstal, klik tombol finish.

12. Kemudian buka aplikasi Telegram yang sudah terpasang pada PC kamu. Setelah aplikasi Telegram tersebut terbuka, nantinya akan muncul halaman pembuka lalu klik "Start Messaging".

13. Pilih negara Indonesia pada bagian "Country Code" (panah cokelat) dan masukkan nomor ponsel yang akan kamu gunakan untuk mengakses aplikasi Telegram (panah biru atau di samping +62). Kemudian klik tombol "Next".

14. Selanjutnya, kamu akan menerima pesan singkat atau SMS berisikan kode yang dikirimkan ke nomor ponsel yang kamu gunakan untuk mendaftar pada aplikasi Telegram.

15. Selanjutnya kode yang kamu terima melalui SMS tersebut di masukkan pada bagian kolom verifikasi. Lalu klik "Next" dan memverifikasi kode tersebut.

Itulah ulsan mengenai cara menggunakan Telegram baik melalui HP ataupun dari PC. Semoga dapat memudahkan dan membantu anda yang baru menggunakan Telegram.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network