BBM Mahal, Petani Aceh Ini Modifikasi Traktor dengan Bahan Bakar Gas 3 Kg

"Petani aceh yang inovatif itu ternyata berhasil mengundang perhatian warganet yang menyaksikannya."

Sains | 15 September 2022, 11:33
BBM Mahal, Petani Aceh Ini Modifikasi Traktor dengan Bahan Bakar Gas 3 Kg

TamanPendidikan.com - Belum lama ini pemerintah tengah menaikkan harga BBM bersubsidi jenis pertalite dan biosolar. Naiknya harga BBM ini memicu meningkatnya biaya produksi dari para petani. Di saat hasil panen murah, namun biaya produksi meningkat maka sang petani pun memutar otaknya untuk menciptakan hal-hal baru yang dapat mengatasi permasalahan di bidang pertanian.

Seperti video yang diunggah oleh akun instagram @statusfakta yang viral beberapa hari ini. Dalam video itu tampak sebuah traktor yang sudah dimodifikasi. Traktor yang semula berbahan bakar solar itu telah diubah menjadi berbahan gas LPG 3 Kg. Aksi yang dilakukan oleh pria yang mengenakan kaos biru ini sungguh sangat inovatif.

Terlihat dalam video ada sebuah traktor yang biasa digunakan untuk membajak sawah, dan di bagian belakang mesin terdapat satu tabung gas LPG 3 Kg yang berwarna hijau terhubung dengan mesin.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Cib7utIpNnY/

Entah mendapatkan ilmu dari mana, tapi eksperimen yang dilakukan oleh warga Tangse, Pidie, Aceh itu ternyata berhasil. Mesin traktor pun dapat dihidupkan dan berjalan dengan normal untuk membajak sawah. Terlihat ekspresi yang pria yang sangat bahagia dan tertawa karena merasa puas dengan eksperimennya yang berhasil itu. Sungguh sangat luar biasa aksi dari petani aceh tersebut.

Melihat video tersebut, tak sedikit warganet yang membagikannya ke berbagai akun media sosial lainnya sehingga video ini menjadi viral. Petani aceh yang inovatif itu ternyata berhasil mengundang perhatian warganet yang menyaksikannya. Banyak warganet yang berbondong-bondong untuk memberikan komentar dan tanggapan atas aksi inspiratif tersebut.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Cib7utIpNnY/

"wow bagaimana bisa," ujar akun @gobelgelay.

"Kalau mobil bisa juga aku mau ikutan,"
balas akun @baby_premature_winny.

"selama masih mesin pembakaran dalam kyk mesin motor, mesin mobil bisa ganti bahan bakar cair ke gas, kan yg masuk ruang pembakar juga bukan cairan tapi sudah berubah kabut," timpal akun @moharif.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Cib7utIpNnY/

"Nanti kalau meledak bagaimana," tulis akun @pendikurniawan


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network