Jelaskan Pengertian Teknologi, Berikut Jenis, manfaat, Serta Pendapat Para Ahli

"Pahami jenis-jenis hingga manfaat dari teknologi berikut ini"

Edukasi | 03 October 2022, 03:00
Jelaskan Pengertian Teknologi, Berikut Jenis, manfaat, Serta Pendapat Para Ahli

TamanPendidikan.com - Pengertian teknologi adalah sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keterampilan dalam menciptakan alat sampai metode pengolahan dengan tujuan untuk membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan manusia.

Teknologi juga diartikan sebagai seluruh sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan untuk kelangsungan dan kenyamanan dalam hidup manusia.

Pengertian lain menjelaskan bahwa teknologi merupakan salah satu pembahasan sistematis atas seni terapan. Hal ini berpedoman pada literature dari Yunani yang menyinggung mengenai Technologia yang berasal dari kata techne yang berarti wacana seni.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Gary J. Anglin

Teknologi adalah penerapan ilmu-ilmu perilaku serta alam dan juga pengetahuan lain dengan secara bersistem serta mensistem untuk memecahkan masalah manusia.

Jacques Ellil

Teknologi adalah keseluruhan metode yang dengan secara rasional mengarah serta memiliki ciri efisiensi dalam tiap-tiap kegiatan manusia.

Manuel Castells

Teknologi adalah suatu kumpulan alat, aturan dan juga prosedur yang merupakan penerapan dari sebuah pengetahuan ilmiah terhadap sebuah pekerjaan tertentu dalam suatu kondisi yang dapat memungkinkan terjadinya pengulangan.

Sardar

Teknologi adalah sebuah sarana dalam memeceahkan masalah yang mendasar dari setiap peradaban manusia. Tanpa adanya penggunaan teknologi, maka hal ini akan menyebabkan banyak masalah tidak bisa terpecahkan dengan baik dan sempurna.

Merriam Webster

Teknologi adalah suatu penerapan pengetahuan praktis khususnya di bidang tertentu, seperti cara menyelesaikan tugas terutama dengan menggunakan proses teknis, metode, atau pengetahuan serta juga aspek khusus dari bidang usaha tertentu.

Jenis-jenis Teknologi

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Simak beberapa jenis dari teknologi dalam kehidupan sehari-hari manusia, antara lain sebagai berikut:

1. Teknologi informasi

Teknologi yang digunakan untuk membantu untuk menyampaikan informasi baik individu atau kelompok dengan cepat dan efektif.

2. Teknologi komunikasi

Teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain, di mana mereka saling mengirimkan informasi menggunakan suatu perangkat tertentu.

3. Teknologi pendidikan

Teknologi yang digunakan dalam dunia pendidikan, di dalam kegiatannya di bidang pendidikan tersebut mereka akan memanfaatkan alat bantu tertentu.

4. Teknologi transportasi

Teknologi yang yang digunakan untuk melayani manusia dalam berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dalam waktu cepat.

5. Teknologi medis

Teknologi yang digunakan atau berhubungan dengan ilmu kedokteran, di dalam kegiatan medis saat ini sudah memanfaatkan teknologi yang lebih canggih.

6. Teknologi Konstruksi

Teknologi yang digunakan para arsitek untuk mendesain sebuah struktur bangunan.

7. Teknologi Bisnis

Teknologi yang digunakan untuk membantu dalam urusan bisnis, kebanyakan di era masa kini para pelaku bisnis banyak yang memanfaatkan teknologi untuk berjualan secara online.

8. Teknologi Pertanian

Teknologi yang digunakan untuk membantu urusan pertanian, misal para petani butuh traktor untuk membajak sawahnya. Contoh lain, petani saat ini menggunakan sebuah alat untuk menanam padi dan lain-lainnya.

Manfaat Teknologi

TamanPendidikan.com

IMG_20221003_094355.jpg

Simak beberapa manfaat yang ditimbulkan dari adanya sebuah teknologi, antara lain sebagai berikut:

1. Mempermudah kegiatan manusia.
2. Meringankan pekerjaan berat manusia.
3. Menambah lapangan pekerjaan.
4. Cara mengoperasikannya mudah dan simpel.
5. Mempemudah komunikasi antar manusia.
6. Belajar lebih efektif dan efisien.
7. Mempermudah transaksi.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network