Jelaskan Pengertian Lingkungan, Ketahui Fungsi, Faktor Penyebab dan Dampak Perubahan Lingkungan

"Pahami ulasan tentang lingkungan berikut ini"

Edukasi | 08 October 2022, 04:00
Jelaskan Pengertian Lingkungan, Ketahui Fungsi, Faktor Penyebab dan Dampak Perubahan Lingkungan

TamanPendidikan.com - Lingkungan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), merupakan sebuah daerah atau kawasan dan seluruh bagian yang terdapat di dalamnya yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia.

Lingkungan dibagi menjadi dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Komponen biotik merupakan segala sesuatu yang tidak bernyawa seperti air, tanah, udara, dan cahaya. Sedangkan, komponen biotik merupakan segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, serta manusia.

Menurut Undang undang no. 23 tahun 1997 menjelaskan bahwa pengertian lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Agar semakin paham tentang lingkungan, simaklah pengertian lingkungan dari versi yang berbeda-beda dari para ahli berikut ini. Namun, pada dasarnya penjabaran-penjabaran dari para ahli tersebut tentang konsep lingkungan adalah sama.

Lingkungan Menurut Ahli

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Jonny Purba

Lingkungan merupakan sesuatu yang memiliki status sebagai lokasi terjadi semua kegiatan. Kegiatan tersebut termasuk aktivitas baik seperti interaksi sosial kepada berbagai kelompok dan pranatanya. Serta semua aktivitas lain yang dipengaruhi oleh symbol-simbol dan nilai yang berlaku.

Ahmad

Lingkungan merupakan suatu kesatuan dengan kehidupan para manusia. Lingkungan hidup adalah satu sistem di dalam kehidupan. Di dalam sistem kehidupan tersebut ada sebuah campur tangan dari manusia-manusia.

Darsono

Lingkungan merupakan semua benda dan kondisi. Serta manusia beserta kegiatannya. Semua hal itu berada di dalam suatu ruang di tempat manusia itu tinggal. Semua unsur tersebut berpengaruh pada kelangsungan dan kesejahteraan hidup manusia. Serta seluruh makhluk lain yang hidup.

Supardi

Lingkungan merupakan jumlah dari keseluruhan benda. Benda tersebut mencakup benda yang hidup dan benda yang mati. Termasuk semua kondisi yang ada di dalam lingkungan manusia untuk tinggal. Menurut Supardi, lingkungan dapat dibagi menjadi dua, yaitu lingkungan non fisik dan lingkungan fisik.

Soedjono

Lingkungan merupakan bagian dari lingkungan hidup. Lingkungan ada dua unsur. Unsur tersebut adalah lingkungan hidup jasmani dan lingkungan hidup fisik yang meliputi semua faktor serta unsur fisik jasmaniah.  Secara sederhana, pengertian lingkungan adalah semua hal mengenai kehidupan. Seperti manusia, tumbuhan dan hewan.

Fungsi Lingkungan

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Lingkungan sangat penting bagi makhluk hidup, banyak fungsi yang dari lingkungan untuk makhluk hidup, antara lain:

1. Tempat untuk bertahan hidup 
2. Tempat mencari makan makhluk hidup
3. Tempat beraktifitas makhluk hidup

Faktor Penyebab Perubahan Lingkungan

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab perubahan lingkungan yang terjadi dalam kehidupan, antara lain:

1. Faktor Alami

Bencana alam seperti banjir, tanah longsor, tsunami, angin puting beliung, angin topan, gunung meletus, ataupun gempa bumi. Adalah faktor alam yang dapat menyebabkan perubahan sebuah lingkungan.

2. Faktor Buatan

Eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan adalah faktor perubahan lingkunganselanjutnya. Perubahan tersebut diakibatkan melalui kerusakan lingkungan karena adanya penenbangan hutan secara liar, dan pembuangan sampah di sembarang tempat.

Dampak Perubahan Lingkungan

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa dampak dari perubahan lingkungan yang terjadi dalam kehidupan, antara lain:

1. Sering terjadi bencana alam.
2. Berkurangnya potensi yang dihasilkan hutan.
3. Rusaknya habitat flora dan fauna.
4. Menipisnya bahan pangan.
5. Kualitas hidup menurun.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network