Jelaskan Pengertian Gerak, Berikut Macam-Macam Beserta Contohnya

"Pelajari Semua Tentang Gerak"

Edukasi | 15 October 2022, 00:00
Jelaskan Pengertian Gerak, Berikut Macam-Macam Beserta Contohnya

TamanPendidikan.com - Pengertian Gerak dalam bahasa Inggris adalah motion, dari latin motio, movere (menggerakkan, memindahkan). Secara umum, gerak merupakan suatu perubahan.

Dalam arti klasik, gerakan (kinesis), mencakup semua bentuk perubahan dalam kualitas, kuantitas, posisi, bentuk, dan potensi.

Sedangkan secara khusus, gerakan adalah perubahan lokasi spasial dari benda-benda yang berhubungan satu sama lain. Proses (tindakan atau keadaan) perubahan tempat (posisi).

Dengan demikian yang dimaksud gerak adalah perubahan kedudukan atau tempat suatu benda terhadap titik acuan atau titik asal tertentu. Jadi bila suatu benda kedudukannya berubah setiap saat terhadap suatu titik acuan maka benda dikatakan sedang bergerak.

Macam-Macam Gerak

Gerak mempunyai ragam dan bentuk. Menurut bentuk lintasannya gerak dapat dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya:

a. Gerak lurus adalah gerak suatu benda yang lintasannya berupa garis lurus. Contoh, seorang pelari sprinter saat bertanding di lintasan 100 meter.

Berdasarkan kelajuan yang ditempuhnya gerak lurus dapat dibedakan menjadi dua,4 yaitu:

1) Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Adalah suatu benda yang bergerak dengan laju tetap5 pada lintasan yang lurus. Syarat yang harus dipenuhi agar benda bergerak lurus beraturan adalah:

a) Arah gerak benda tetap sehingga lintasannya lurus.
b) Kelajuan benda selalu tetap tidak berubah Pada gerak lurus beraturan, benda menempuh jarak yang sama dalam selang waktu yang sama pula.

Sebagai contoh, sebuah sepeda motor yang sedang melaju, dalam waktu satu detik dapat menempuh jarak dua meter, maka pada satu detik berikutnya motor tersebut menempuh jarak dua meter lagi, begitu seterusnya.

Dengan kata lain perbandingan jarak dengan selang waktu selalu konstan atau tetap. Jadi benda yang bergerak lurus beraturan mempunyai kecepatan gerak yang besarnya selalu tetap.

2) Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Adalah suatu gerak lurus yang memiliki kecepatan selalu berubah7 disetiap saat dan perubahan kecepatan tersebut di setiap saat selalu sama, tetap atau konstan.

Contoh, pada saat bola dilempar ke atas dengan kecepatan awal, kecepatannya semakin lama semakin berkurang karena pengaruh gaya gravitasi bumi.

Hingga suatu saat bola akan mencapai ketinggian maksimal dan jatuh kembali ke bawah karena kecepatannya sama dengan nol.

Jadi gerak lurus berubah beraturan (GLBB) dapat diartikan sebagai gerak benda dalam lintasan lurus dengan percepatan tetap, yang dimaksudkan dengan percepatan tetap adalah perubahan percepatan gerak benda yang berlangsung secara tetap dari waktu ke waktu.

b. Gerak melingkar adalah gerak yang lintasannya berbentuk suatu lingkaran/busur lingkaran. 

Dalam kehidupan sehari-hari dan juga banyak fenomena di alam, gerak yang lintasannya berbentuk lingkaran atau yang bersifat orbital dapat dilihat dalam banyak hal, seperti gerak planet mengelilingi matahari, gerak elektron dalam atom, gerak sebuah rollercoaster atau korsel. 

Sementara, dalam dunia teknik gerak melingkar diperlukan untuk aplikasi gerak lengan robot. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network