Cara Menggunakan GPS yang Mudah, Begini 5 Langkahnya

"Ingin Tahu Cara Menggunakan GPS? Simak ini Sampai Selesai."

Edukasi | 12 November 2022, 04:22
Cara Menggunakan GPS yang Mudah, Begini 5 Langkahnya

TamanPendidikan.com - Cara menggunakan GPS mungkin masih ada yang belum bisa. Padahal di era ini sangat penting, karena Anda tidak perlu bertanya lagi kepada seseorang terkait lokasi tempat yang tidak Anda ketahui keberadaannya.

GPS (Global Positioning System) adalah sistem satelit navigasi dan penentuan posisi yang dimiliki dan dikelola oleh Amerika Serikat.

Sistem ini didesain untuk memberikan posisi dan kecepatan tiga-dimensi serta informasi mengenai waktu, secara kontinyu di seluruh dunia tanpa bergantung waktu dan cuaca, kepada banyak orang secara simultan.

Pada saat ini, system GPS sudah banyak digunakan orang di seluruh dunia. Di Indonesia pun, GPS sudah banyak diaplikasikan terutama yang terkait dengan aplikasi-aplikasi yang menuntut informasi tentang posisi.

Dibandingkan dengan sistem dan metode penentuan posisi lainnya, GPS mempunyai banyak kelebihan dan menawarkan lebih banyak keuntungan, baik dalam segi operasionalisasinya maupun kualitas posisi yang diberikan.

Mengapa GPS Menarik Untuk Digunakan?

Ada beberapa hal yang membuat GPS menarik untuk digunakan dalam penentuan posisi, seperti yang akan diberikan berikut ini;

1. GPS dapat digunakan setiap saat tanpa bergantung waktu dan cuaca. GPS dapat digunakan baik pada siang maupun malam hari, dalam kondisi cuaca yang buruk sekalipun seperti hujan ataupun kabut.

2. SateIit-satelit GPS mempunyai ketinggian orbit yang cukup tinggi, yaitu sekitar 20.000 km di atas permukaan bumi. dan jumlahnya relatif cukup banyak, yaitu 24 satelit.

3. Penggunaan GPS dalam penentuan posisi relatif tidak terlalu terpengaruh dengan kondisi Pengenalan GPS 5 topografis daerah survei dibandingkan dengan penggunaan metode teretris seperti pengukuran polygon.

4. GPS dapat memberikan ketelitian posisi yang spektrumnya cukup luas. Dari yang sangat detil (orde milimiter) sampai yang biasa-biasa saja (orde puluhan meter). Luasnya spektrum ketelitian yang bisa diberikan ini memungkinkan penggunaan GPS secara efektif dan efisien sesuai dengan ketelitian yang diminta serta dana yang tersedia.

5. Pemakaian sistem GPS tidak dikenakan biaya. setidaknya sampai saat ini. Selama pengguna memiliki alat penerima (receiver) sinyal GPS maka yang bersangkutan dapat menggunakan sistem GPS untuk berbagai aplikasi tanpa dikenakan biaya oleh pihak yang memiliki satelit.

Setelah kalian mengetahui apa itu GPS dan alasan mengapa harus menggunakannya. Kini saatnya mimin bagikan tutorial bagaimana cara menggunakan GPS.

Cara Memulai GPS Receiver

Kapan saja anda menyalakan GPSmap 76CS, maka GPS receiver akan mulai mencari satelit untuk menentuan lokasi, yang dibutuhkan dalam navigasi.

Proses ini disebut sebagai “initialization” dan dapat memakan waktu hingga 15 menit pada saat pertama kali dinyalakan. Kemudian jika anda belum berpindah lebih dari 600 mil dari tempat semula, proses initililization hanya memakan per detik atau per menit.

Untuk menerima sinyal satelit anda harus berada di luar ruangan dan keadaan langit harus cerah Sinyal satelit tidak bisa menembus benda padat (kecuali kaca) atau pepohonan yang rimbun.

Untuk menyingkat waktu yang diperlukan saat initialization pertama, pilih “New Location” dari menu, lalu anda dapat menggunakan Map Page untuk menentukan lokasi awal sehingga GPSmap 76CS hanya mencari satelit yang ada di atas posisi anda.

Cara Menggunakan GPS Garmin

1. Tekan tombol power untuk menyalakan GPSmap 76CS. 
2. Amati tampilan welcome page pada tampilan satelite page. 
3. Selagi GPS receiver mencari sinyal satelit, pesan “Acquiring Satelite” akan muncul pada bagian atas tampilan. 

Anda juga akan mengamati benda langit dari satelit di atas anda dengan posisi anda yang berada di tengah-tengah benda langit tersebut. 

Lingkaran paling luar mewakili horizon dan lingkaran paling dalam adalah 45ºdari horizon. Nomor yang ditampilkan menunjukkan satelit-satelit yang ada. Sedangkan grafik batang menunjukkan kekuatan sinyal dari masing-masing satelit. 

4. Ketika receiver menerima sinyal sekurang-kurangnya dari tiga satelit. 

Tampilan paling atas akan berganti untuk menunjukkan akurasi posisi dan koordinat lokasi.Status Bar di atas tampilan menunjukkan status GPS dan status dari ciri-ciri yang lain. 

Jika anda memiliki kesulitan dalam meng initialization GPSmap 76CS anda. Anda dapat berpindah tempat untuk menghindari objek yang menghalangi atau membelokkan sinyal satelit. 

5. Tekan dan lepaskan tombol PAGE sampai tampilan Map Page muncul. Saat ini anda dapat memulai GPS aided navigation.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network