Jelaskan Pengertian Pembangunan Ekonomi, Berikut Unsur Pokok, Sasaran, Tujuan, Elemen Pembangun, Dampak Positif dan Negatifnya

"Apa itu pembangunan ekonomi? Begini penjelasan selengkapnya."

Edukasi | 17 November 2022, 04:15
Jelaskan Pengertian Pembangunan Ekonomi, Berikut Unsur Pokok, Sasaran, Tujuan, Elemen Pembangun, Dampak Positif dan Negatifnya

TamanPendidikan.com - Pengertian pembangunan ekonomi adalah usaha-usaha untuk menaikkan taraf hidup suatu bangsa yang sering diukur dengan tinggi rendahnya pendapatan riel per kapita.

Tujuan pembangunan ekonomi untuk menaikkan pendapatan nasional riel dan untuk meningkatkan produktivitas.

Pengertian pembangunan ekonomi yang paling banyak diterima adalah definisi dari Meir dalam Richardson (2001), yang mendefinisikan bahwa pembangunan ekonomi merupakan proses dimana suatu Negara/wilayah mampu meningkatkan pendapatan perkapita penduduk selama kurun waktu yang panjang.

Tentu, dengan melihat bahwa jumlah penduduk yang berada dibawah garis kemiskinan absolute tidak meningkat serta distribusi pendapatan tidak makin timpang (Meir dalam Richardson, 2001).

Pengertian Pembangunan Ekonomi Menurut Para Ahli

1. Hollis Chenery dan Moises Syrquin

Mereka mengatakan bahwa dalam variasi sistematis pada aspek signifikan apapun dari struktur ekonomi maupun dalam sosial yang terkait dengan peningkatan tingkat pada pendapatan maupun dalam indeks pembangunan lainnya.

2. Michael Paul Todaro

Baginya definisi pembangunan ekonomi adalah sebuah proses multidimensi yang berkaitan dalam reorganisasi maupun reorientasi pada seluruh sistem ekonomi serta sosial.

3. Cambridge Dictionary

Dalam versi Cambridge Dictionary, mengatakan bahwa proses dimana sebuah ekonomi akan tumbuh serta menjadi lebih maju, baik dalam dimensi ekonomi maupun dalam sosial.

4. Karl Seidman

Karl seidman mengartikan pembangunan ekonomi adalah sebuah proses menciptakan serta memanfaatkan aset fisik, keuangan, manusia, erta sosial untuk dapat menghasilkan kesejahteraan ekonomi serta kualitas hidup yang lebih baik juga dibagi lagi secara luas untuk para suatu komunitas maupun wilayah.

Unsur-Unsur Pokok Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi mempunyai unsur-unsur pokok dan sifat sebagai berikut:

1. Suatu proses yang berarti perubahan yang terjadi secara kontinu.
2. Usaha untuk meningkatkan pendapatan per kapita, dan
3. Peningkatan pendapatan per kapita itu harus terus berlangsung dalam jangka panjang
4. Perbaikan sistem kelembagaan di segala bidang (misalnya ekonomi, politik, hokum, sosial, dan budaya).

Sistem kelembagaan ini bisa ditinjau 15 dari dua aspek yaitu aspek perbaikan di bidang aturan main (rule of the games), baik aturan formal maupun informal; dan organisasi (players) yang mengimplementasikan aturan main tersebut.

Sasaran dan Tujuan Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi dipandang sebagai proses multidimensional yang mencakup segala aspek dan kebijaksanaan yang komprehensif baik ekonomi dan non ekonomi.

Oleh karena itu, sasaran pembangunan yang minimal dan pasti ada menurut Todaro (2000) adalah:

1. Meningkatkan persediaan dan memperluas pembagian atau pemerataan bahan pokok yang dibutuhkan untuk bisa hidup seperti perumahan, kesehatan dan lingkungan.

2. Mengangkat taraf hidup termasuk menambah dan mempertinggi pendapatan dan penyediaan lapangan kerja, pendidikan yang lebih baik dan perhatian yang lebih besar terhadap nilai-nilai budaya manusiawi, yang semata-mata bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan materi akan tetapi untuk meningkatkan kesadaran akan harga diri baik individu atau nasional.

3. Memperluas jangkauan pilihan ekonomi dan sosial bagi semua individu dan nasional dengan cara membebaskan mereka dari sikap budak dan ketergantungan tidak hanya hubungan dengan orang lain dan Negara lain tetapi dari sumber sumber kebodohan dan penderitaan.

Tujuan pembangunan ekonomi dibagi menjadi tujuan utama dan tujuan sampingan. Tujuan utama adalah menaikkan atau memperbesar output nasional dan pendapatan masyarakat.

Tujuan ini adalah dalam rangka menunjang tercapainya tujuan pembangunan secara keseluruhan.

Sedangkan tujuan sampingan adalah mengusahakan distribusi pendapatan yang merata, tingkat ekonomi yang, memerangi kemiskinan serta mengurangi tingkat pengangguran (Baldwin Meier dalam Hassan, 2005:19).

Dibawah merupakan beberapa dampak positif maupun negatif yang dipengaruhi akibat dari sebuah pembangunan ekonomi nasional.

Elemen Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi bisa diartikan sebuah proses yang dapat menyebabkan pendapatan perkapita penduduk meningkat pada jangka yang panjang. Berikut merupakan tiga elemen penting yang berkaitan pembangunan ekonomi;

1. Pembangunan Sebagai Suatu Proses

Maksudnya, pembangunan merupakan suatu tahap yang perlu dijalani bagi setiap masyarakat maupun bangsa. Setiap negara pun perlu menjalani tahapan perkembangan dari suatu kondisi yang adil, makmur serta sejahtera.

2. Pembangunan Sebagai Suatu Usaha Yang Bertujuan Meningkatkan Pendapatan Perkapita

Maksudnya adalah tindakan aktif yang perlu dijalankan oleh negara dalam proses peningkatan pendapatan perkapita.

Maka, dengan partisipasi dari seluruh pihak negara harus baik. Karena dalam pendapatan perkapita menjadi cermin untuk kebaikan kesejahteraan masyarakat.

3. Peningkatan Pendapatan Perkapita Harus Berlangsung Dalam Jangka Panjang

Perekonomian yang bisa dikatakan berkembang bila pendapatan perkapitanya meningkat. Sehingga dengan adanya peningkatan dalam kegiatan ekonomi dari setiap tahunnya, pendapatan perkapita bisa tetap naik walaupun memiliki gangguan yang sementara.

Dampak Positif Pembangunan Ekonomi

• Pembangunan ekonomi akan membuat terbukanya suatu lapangan pekerjaan yang bisa dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga bisa mengurangi dari pengangguran.

• Dengan melalui pembangunan ekonomi, pelaksanaan dari sebuah kegiatan perekonomian akan dapat berjalan lebih lancar serta bisa mempercepat proses dari pertumbuhan ekonomi.

• Melalui pembangunan ekonomi dimungkinkan dengan adanya sebuah perubahan struktur perekonomian, yang berawal dari struktur ekonomi agraris hingga menjadi struktur ekonomi industri, maka suatu kegiatan ekonomi yang dijalankan oleh negara akan menjadi semakin beragam serta dinamis.

• Terciptanya bagian lapangan pekerjaan dari pembangunan ekonomi dapat membantu memperbaiki dari sebuah tingkat pendapatan nasional.

• Pembangunan ekonomi akan menuntut peningkatan kualitas SDM, maka dapat dimungkinkan ilmu pengetahuan serta teknologi akan semakin berkembang cepat. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi

• Industrialisasi akan menyebabkan berkurangnya bagian lahan pertanian.

• Tersingkirnya/hilangnya dari habitat alam, antara alam hayati maupun hewani.

• Akan terjadinya pencemaran udara, air, serta tanah dari perilaku akan ketidak disiplinannya manusia. 

• Dengan adanya pembangunan ekonomi yang tidak terencana serta berakibat kerusakan dari lingkungan hidup.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network