Jelaskan Pengertian Kerajinan, Pahami Tujuan, Jenis, serta Manfaatnya

"Pahami ulasan tentang kerajinan di bawah ini!"

Edukasi | 10 January 2023, 03:10
Jelaskan Pengertian Kerajinan, Pahami Tujuan, Jenis, serta Manfaatnya

TamanPendidikan.com - Secara umum, kerajinan dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan yang melibatkan keterampilan tangan dan seni dalam membuat suatu barang yang memiliki fungsi atau memiliki nilai estetika yang tinggi sehingga dapat dijadikan pajangan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kerajinan adalah barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (seperti tikar, anyaman, dan sebagainya).

Adapun beberapa contoh yang termasuk dalam barang kerajinan, antara lain seperti lampu hias dari botol bekas, tikar dari anyaman rotan, bunga dari kertas, boneka dari sarung tangan, vas dari bohlam, dan lain sebagainya.

Untuk memahami lebih lanjut tentang kerajinan, apa tujuan, seperti apa jenis-jenisnya, dan manfaat apa yang didapat mereka yang membuat kerajinan, simak penjelasannya di bawah ini.

Definisi Kerajinan Menurut Para Ahli

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Soeprapto

Kerajinan adalah keterampilan tangan yang menghasilkan barang-barang bermutu seni, maka dalam prosesnya dibuat dengan rasa keindahan dan dengan ide-ide yang murni sehingga menghasilkan produk yang berkualitas mempunyai bentuk yang indah dan menarik.

Kadjim

Kerajinan adalah suatu usaha yang dilakukan secara terus menerus dengan penuh semangat ketekunan kecekatan, kegigihan, berdedikasi tinggi, dan berdaya maju yang luas dalam melakukan suatu karya.

Sumintarsih

Kerajinan adalah budaya bangsa yang telah ada sejak zaman nenek moyang yang timbul karena adanya dorongan manusia untuk mempertahankan hidupnya.

Prof. Dr. I Made Bandem

Kerajinan adalah dimaknai sebagai "kriya" dalam bahasa Indonesia berarti pekerjaan (ketrampilan tangan). Di dalam bahasa Inggris disebut "craft" berarti energi atau kekuatan. Pada kenyataannya bahwa seni kriya sering dimaksudkan sebagai karya yang dihasilkan karena skill atau ketrampilan seseorang.

Timbul Haryono

Kerajinan adalah sama dengan seni kriya yang mengerjakan sesuatu untuk menghasilkan benda atau obyek yang bernilai seni.

Tujuan Kerajinan

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ada beberapa tujuan dibuatnya suatu kerajinan, antara lain adalah:

1. Sarana Ritual

Kerajinan sebagai sarana ritual adalah kerajinan yang mengandung simbol-simbol tertentu dan berfungsi sebagai benda magis berkaitan dengan kepercayaan dan spiritual.

2. Penghias

Kerajinan sebagai penghias adalah kerajinan yang dibuat semata-mata sebagai hiasan pada benda atau sebagai pajangan, tidak memiliki makna tertentu.

3. Benda Pakai

Kerajinan sebagai benda pakai adalah kerajinan yang dibuat berdasarkan tujuan untuk digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari.

4. Konstruktif

Kerajinan bersifat konstruktif adalah kerajinan yang berfungsi sebagai pendukung sebuah bangunan.

5. Simbolik

Kerajinan sebagai simbolik adalah kerajinan tradisional biasanya berfungsi melambangkan hal tertentu yang berkaitan dengan spiritual.

Jenis Kerajinan

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Kerajinan dibagi menjadi dua jenis, yakni kerajinan dari bahan keras dan kerajinan dari bahan lunak, simak penjelasannya di bawah ini:

1. Kerajinan Bahan Lunak

Kerajinan dari bahan lunak adalah barang-barang kerajinan yang menggunakan material yang sifatnya lunak. Kerajinan dari bahan lunak terdiri dari dua macam, yaitu kerajinan bahan lunak alami dan kerajinan bahan lunak buatan.

a. Bahan Lunak Alami

Kerajinan bahan lunak alami yaitu kerajinan yang material untuk membuat kerajinan tersebut diperoleh dari alam dimana kondisi fisiknya lunak, cara pengolahannya masih alami, dan tidak dicampur dengan bahan buatan. Misalnya adalah kulit hewan, tanah liat, serat alam, dan lain sebagainya.

b. Bahan Lunak Buatan

Kerajinan bahan lunak buatan yaitu kerajinan yang material untuk membuatnya didapatkan dengan cara diolah terlebih dahulu. Misalnya adalah gips, lilin, bubur kertas, spons, dan lain sebagainya.

2. Kerajinan Bahan Keras

Kerajinan dari bahan keras adalah barang-barang kerajinan yang menggunakan material dasar yang sifatnya keras. Kerajinan dari bahan keras terdiri dari dua macam, yaitu kerajinan bahan keras alami dan kerajinan bahan keras buatan.

a. Bahan Keras Alami

Kerajinan dari bahan keras alami yaitu kerajinan yang material untuk membuatnya didapatkan dari alam dimana kondisi fisiknya keras. Seperti batu, kayu, rotan, bambu, dan sebagainya.

b. Bahan Keras Buatan

Kerajinan dari bahan keras buatan yaitu kerajinan yang bahan untuk membuatnya didapatkan dari material olahan dimana kondisi fisiknya keras. Seperti fiberglass, besi, aluminium, tembaga, dan lain sebagainya.

Manfaat Kerajinan

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut adalah beberapa manfaat ketika membuat sebuah kerajinan, yaitu sebagai berikut:

1. Dapat melatih kreatifitas.
2. Dapat melatih kesabaran.
3. Untuk mengisi waktu luang.
4. Dapat dimanfaatkan sebagai sarana bisnis.
5. Menghemat pengeluaran.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network