Fakta Unik Ternyata King Kobra Urutan Kedua Jenis Kobra Mematikan, Lalu yang Pertama?

"Simak urutan pertama ular kobra paling mematikan di dunia."

Edukasi | 03 February 2023, 02:45
Fakta Unik Ternyata King Kobra Urutan Kedua Jenis Kobra Mematikan, Lalu yang Pertama?

TamanPendidikan.com - King kobra adalah spesies ular yang memiliki nama ilmiah Ophiophagus Hannah. Dia adalah ular terbesar di dunia dan merupakan predator alami dari ular lain.

King kobra memiliki habitat alami di hutan tropis Asia dan memiliki sifat berbahaya karena racun yang kuat dalam melumpuhkan mangsanya.

Racun king kobra sangat berbahaya bagi manusia. Ini dapat menyebabkan kejang, pingsan, dan kematian dalam beberapa menit setelah terpapar.

Gejala lain termasuk mual, muntah, sakit kepala, dan detak jantung yang tidak stabil. Jika tidak segera diterapi, efek racun king kobra dapat menyebar ke sistem saraf dan mempengaruhi fungsi jantung, paru-paru, dan ginjal.

Oleh karena itu, sangat penting untuk segera mencari bantuan medis jika terpapar racun ular king kobra, ketika terlambat maka akan berakibat sangat fatal.

Dikutip dari Live Science, bisa ular king kobra terdiri dari sitotoksin dan neurotoksin, termasuk alfa-neurotoksin. Komponen lain memiliki efek kardiotoksik.

Racun tersebut sangat berbahaya yang dapat membunuh manusia dan hewan dalam waktu singkat. Meskipun berbahaya, ternyata ular kobra mematikan urutan pertama di dunia bukanlah ular king kobra.

Untuk menjawab rasa penasaran anda, mari simak ulasan tentang ular kobra paling mematikan di dunia, kobra mana yang nomor satu.

Kobra Paling Mematikan di Dunia

Cape Cobra
Ular Cape Cobra (Naja nivea) dianggap sebagai salah satu spesies kobra paling berbahaya di Afrika. Ular ini memiliki ukuran panjang antara 1,5 meter hingga 2 meter.

Berdasarkan racunnya yang kuat. Cape Cobra ada di ranking keenam, dalam daftar ular kobra paling berbisa di dunia.

Kobra Filipina
Kobra Filipina (Naja philippinensis) adalah spesies ular yang berasal dari Filipina. Ular ini dikenal dengan nama ular kobra rawa dan memiliki warna perut yang berwarna krem dan warna dorsal yang berwarna hijau atau hitam.

Ular kobra filipina memiliki ukuran panjang yang cukup besar dan memiliki sifat agresif, sehingga membutuhkan perhatian dan pengawasan ketat. Kobra Filipina ada di ranking kelima, dalam daftar ular kobra paling berbisa di dunia.

Forest Cobra atau Kobra Hutan
Kobra Hutan (Naja melanoleuca) merupakan spesies kobra yang terbesar dari Afrika. Kobra ini ditemukan di hutan dataran rendah dan habitat sabana yang lembab.

Kematian korban dapat terjadi dengan cepat sekitar 30 menit sampai 2 jam usai gigitan. Ular ini menempati urutan keempat dalam daftar ular kobra mematikan di dunia.

Kobra Caspia
Kobra caspia (Naja oxiana) merupakan species ular yang berasal dari wilayah Caspian Sea. Ular ini memiliki panjang rata-rata 1,5 meter dan berwarna hijau atau coklat muda dengan pola melengkung berwarna gelap.

Kobra ini banyak ditemukan di Asia Tengah. Kobra ini memiliki sifat yang sangat agresif. Tak heran jika menempati rangking ketiga dalam urutan kobra mematikan di dunia.

King Cobra
Di posisi kedua ada king kobra (Ophiophagus hannah) yang merupakan ular berbisa paling panjang di dunia. Panjang king kobra dewasa bisa sampai 3 hingga 4 meter. Ular jenis ini banyak tersebar di India dan kawasan Asia Tenggara sampai Indonesia.

Kobra India
Di urutan pertama, ular kobra paling berbisa di dunia adalah kobra india (Naja naja). Nama aliasnya Binocellate Cobra karena punya pola 2 lingkaran di lehernya.

Ular berbisa ini ditemukan di India dan negara tetangganya. Kematian pada manusia antara 15 menit hingga 2 jam setelah gigitan. Kecepatan racun dalam melumpuhkan lawan yang menjadikan ular kobra paling mematikan urutan pertama di dunia.

Itulah daftar urutan ular kobra paling mematikan di dunia, semoga menjadi informasi yang bermanfaat untuk anda. Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network