Startup Asal Swedia Ini Latih Burung Gagak Liar untuk Ambil Puntung Rokok di Jalan

"Corvid Cleaning merupakan sebuah perusahaan rintisan di Swedia mengklaim programnya bisa menghemat banyak uang untuk biaya kebersihan."

Sains | 09 February 2022, 07:03
Startup Asal Swedia Ini Latih Burung Gagak Liar untuk Ambil Puntung Rokok di Jalan

TamanPendidikan.com - Lebih mudah melatih burung gagak untuk memungut puntung rokok dibandingkan manusia. Hal itu yang kini sedang dilakukan oleh sebuah perusahaan start-up dengan membuat gebrakan menjadikan burung gagak sebagai pasukan pemungut sampah.

Dikutip dari Akun @grammatikal, Corvid Cleaning merupakan sebuah perusahaan rintisan di Swedia mengklaim programnya bisa menghemat banyak uang untuk biaya kebersihan. Mereka melatih burung gagak dengan memberinya makanan sebagai ganti untuk memungkut puntung rokok di jalanan.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CZjZuu2gZe8/

Menurut Keep Sweden Tidy Foundation, lebih dari satu miliar puntung rokok tertinggal di jalan-jalan Swedia setiap tahun atau sekitar 62 persen total keseluruhan sampah. Mengajari manusia untuk tidak membuang puntung rokok di jalan sejauh ini terbukti tidak efektif. Buktinya masih banyak puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Namun perusahaan itu sanggup mengajari burung gagak menghemat uang biaya kebersihan setiap tahun. Perusahaan itu mengajarkan burung gagak liar untuk melakukan pekerjaan itu melalui proses pembelajaran selangkah demi selangkah.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CZjZuu2gZe8/

Mereka memberikan makanan kepada burung gagak untuk setiap puntung rokok yang mereka kumpulkan.

"Mereka lebih mudah diajari. Burung lainnya juga berpeluang untuk belajar dari satu sama lain. Pada saat yang sama, ada risiko burung itu salah. Malah memakan sampah yang mereka kumpulkan," kata pendiri perusahaan, Christian Günther-Hanssen.

"Mereka adalah burung liar yang ambil bagian secara sukarela."
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CZjZuu2gZe8/

Meskipun Günther-Hanssen belum merinci tentang proses pengajaran langkah demi langkah itu.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network