Jelaskan Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi, Berikut Jenis, Teknik, Unsur, Fungsi, dan Contohnya

"Seni Rupa 3 Dimensi. Yuk pelajari lagi…!"

Edukasi | 28 September 2022, 03:00
Jelaskan Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi, Berikut Jenis, Teknik, Unsur, Fungsi, dan Contohnya

TamanPendidikan.com - Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Seni rupa 3 dimensi, atau biasa kita sebut dengan seni rupa 3D, merupakan seni rupa yang dibatasi dengan tiga sisi yaitu sisi panjang, lebar dan tinggi atau dalam pengertiannya yaitu karya seni yang bervolume dan memiliki ruang.

Sedangkan seni rupa dua dimensi hanya memiliki dua batas pada setiap sisinya, yaitu panjang dan lebar, yang menjadi pembeda antara seni rupa tiga dan dua dimensi ada di unsur ruang tersebut. Adapun unsur-unsur yang ada di dalam seni rupa tiga dimensi, antara lain:

1. Mempunyai panjang, lebar, tinggi
2. Memiliki ruang.
3. Bisa dilihat dari segala sudut pandang.

Jenis Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Pembuatan karya seni rupa 3 dimensi terbagi menjadi dua bagian, berdasarkan fungsi dan tujuan seni rupa tersebut yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.

Seni rupa murni merupakan karya seni yang tercipta bebas dengan fungsi yang lebih mengutamakan keindahan dari pada fungsional, sebagai kepuasan pandangan mata saja dan biasanya sering digunakan hanya sebagai pajangan atau hiasan.

Seni rupa terapan merupakan karya seni yang tidak hanya sebagai pajangan rumah saja, tapi juga berfungsi untuk membantu memenuhi kebututuhan hidupan manusia.

Seni rupa terapan lebih mengutamakan nilai kegunaan dibandingkan keindahannya, namun tetap masih harus memperhatikan nilai estetisnya.

Teknik Seni Rupa 3 Dimensi

Daerah-daerah di Indonesia memiliki bahan dan media yang bermacammacam dalam teknik membuat karya seni rupa 3 dimensi, semua berdasarkan lingkungan daerah tersebut.

Berikut ini adalah teknik-teknik yang biasa digunakan dalam pembuatan karya seni rupa 3 dimensi:

a. Teknik Aplikasi

Merupakan sebuah karya hias yang digunakan dalam seni menjahit dengan cara menempelkan bermacam-macam kain yang sudah di gunting seperti motif bunga, bintang, boneka dan bentuk lainnya di sebuah kain sebagai hiasan untuk mempercantiknya.

b. Teknik Mozaik

Adalah seni menciptakan gambar dengan menyusun kepingankepingan kecil berwarna dari kaca, batu, atau bahan lain yang bisa digunakan untuk menjadi Mozaik. Seni ini merupakan sebuah teknik dalam seni dekorasi dan juga merupakan aspek dari dekorasi interior.

c. Teknik Merakit

Merupakan sebuah karya seni dengan cara menyambungkan beberapa potongan bahan-bahan. Cara ini bisa disebut dengan merakit, dan rakitan adalah hasil karyanya.

d. Teknik Pahat

Merupakan teknik yang membuat karya seni dengan membuang bahan-bahan yang tidak digunakan. Biasa dibuat menggunakan alat martil, pahat, kikir dan sebagainya.

e. Teknik Cor/Menuang

Merupakan karya seni yang dilakukan dengan cara menuang bahan cair ke sebuah alat cetakkan. Bahan cair yang biasa digunakan terbuat dari semen, karet, logam dan sebagainya.

Unsur Seni Rupa 3 Dimensi

Karya seni rupa 3 dimensi mempunyai unsur yang membentuk satu kesatuan sehingga dapat memperindah atau mempercantik pada karya seni. Berikut ini unsur-unsur yang membentuk karya seni rupa tiga dimensi :

1. Titik

Titik merupakan unsur karya seni rupa yang paling dasar dan kecil. Titik seperti sebuah bintik dalam seni rupa. Dengan sebuah titik, seseorang bisa mendapatkan ide baru dalam berkarya seperti membuat garis dan bidang. Selain itu titik mempunyai pusat perhatian tersendiri, atau warna yang mencolok .

2. Garis

Garis merupakan goresan atau batas suatu benda, ruang, bidang, warna, tekstur dan sebagainya. Garis mempunyai dimensi yang cenderung memanjang dan mempunyai arah tertentu.

Gari juga memiliki beberapa sifat seperti panjang, pendek, horizontal, vertikal, tipis, lurus, berombak, melengkung, tebal, patah-patah, miring, halus dan lain-lain.

Selain itu garis juga mempunyai berbagai bentuk seperti garis mendatar, tegak, miring, lengkung, bersilang, sejajar, zig zag, spiral dan gelombang.

Penggunaan garis dalam sebuah gambar juga memiliki kesan tertentu. Garis lurus mempunyai kesan keras, garis patah-patah berkesan kaku.

3. Bidang

Salah satu karya seni rupa yang dibentuk atau terbentuk dari hubungan beberapa garis disebut bidang. Bidang memiliki dimensi panjang, lebar atau bisa disebut juga pipih.

Sedangkan bentuk memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi. Oleh sebab itu bentuk mempunyai isi atau volume.

Berdasarkan bentuknya, bidang memiliki beberapa macam seperti geometris, simetris, asimetris, organis dan lain sebagainya.

4. Bentuk

Bentuk bisa diartikan sebagai bangun atau plastis. Bangun mempunyai bentuk yang polos, sedangkan plastits bukan hanya dilihat dari bentuknya saja, melainkan ada nilai dan maknanya sepeti lemari.  Lemari bukan hanya sebuah benda tetapi memiliki kegunaan untuk menyimpan pakaian.

5. Tekstur

Tekstur adalah sifat permukaan sebuah benda seperti kasar, halus, berpori, licin, mengkilap, dan bisa dirasakan lewat indra mata dan peraba. Berdasarkan jenisnya tekstur terbagi menjadi dua macam yaitu tekstur nyata dan semu.

Tekstur nyata mempunyai nilai dan kandungan yang sama dengan pengelihatan serta perabaan. Tekstur semu tidak mempunyai nilai dan kandungan yang sama dengan pengelihatan serta perabaan.

Fungsi Seni Rupa 3 Dimensi

1. Sebagai Hiasan
Fungsi yang pertama adalah sebagai hiasan. Karya seni yang sudah jadi dapat digunakan sebagai hiasan untuk mempercantik sebuah ruangan atau tempat lainnya. Contoh seni rupa 3 dimensi yang berfungsi sebagai hiasan adalah vas bunga, guci penghias ruangan dan lain sebagainya.

2. Sebagai Sarana Belajar
Seni rupa 3 dimensi juga bisa digunakan dalam kegiatan belajar loh. Contohnya seperti relief yang ada di candi borobudur yang menjadi sarana belajar pada masa lalu ketika Indonesia berbentuk Kerajaan.

3. Sebagai Sarana Religi
Fungsi selanjutnya dari karya seni 3 dimensi adalah sebagai sarana religi. Dapat kita lihat banyak sekali masjid atau tempat ibadah lainnya yang memiliki banyak motif.

Contohnya masjid saka tunggal yang digunakan oleh umat muslim untuk beribadah atau candi mendut dan candi borobudur yang digunakan untuk beribadah oleh umat budha pada acara waisya.

4. Sebagai Sarana Rekreasi
Fungsi ini hampir sama seperti fungsi sarana belajar. Karena ketika kita berkunjung ke sebuah tempat yang memiliki unsur seni seperti candi, kita juga dapat belajar mengenai sejarah yang ada di tempat tersebut.

5. Sebagai Sarana Peringatan
Arti peringatan disini adalah sebagai tanda pengingat. Contohnya adalah monumen kesaktian pancasila yang berfungsi sebagai peringatan akan terjadinya gerakan 30 september 1965 oleh PKI.


Contoh Karya Seni Rupa Tiga Dimensi
Berikut beberapa contoh karya seni rupa tiga dimensi:

• Seni Patung

Seni patung merupakan karya seni rupa yang diciptakan dari bahan bervolume seperti batu, tanah liat, semen/gypsum, kemudian dapat dipahat atau dicetak untuk membentuk karya yang diinginkan.

• Seni Kriya

Kriya merupakan seni kerajinan tangan yang kebanyakan dibuat sebagai alat terapan yang membantu kehidupan sehari-hari. Misalnya poci dan cangkir untuk alat rumah tangga, furnitur seperti meja dan kursi, hingga ke wayang golek untuk seni pertunjukan.

• Arsitektur

Arsitektur adalah seni membuat bangunan sebagai sarana maupun prasarana kehidupan manusia dari segala aspek, baik tempat istirahat dan berlindung maupun untuk beraktivitas.

• Seni Instalasi

Karya yang memanfaatkan ruang dan tidak membedakan seni berdasarkan dimensinya, artinya seni instalasi dapat terdiri dari beberapa patung, objek non seni, lukisan, dan lain sebagainya, yang membutuhkan pemasangan atau penyusunan untuk menjadi kesatuan yang utuh.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network