Jelaskan Pengertian Pancasila Menurut Ir. Soekarno dan Ketahui Arti Lambangnya

"Simak penjelasannya di bawah ini!"

Edukasi | 13 December 2022, 06:00
Jelaskan Pengertian Pancasila Menurut Ir. Soekarno dan Ketahui Arti Lambangnya

TamanPendidikan.com - Pancasila merupakan sebuah dasar negara sekaligus pedoman hidup bangsa Indonesia. Pancasila juga menjadi sumber hukum dasar nasional. Jadi, segala peraturan yang ada di Indonesia bersumber dari sana.

Pancasila secara etimologis berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu panca berarti lima dan sila berarti dasar. Maka, arti dari pancasila adalah lima dasar.

Menurut Ir. Soekarno, Pancasila adalah isi jiwa bangsa Indonesia yang turun-menurun berabad-abad lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan barat. Dengan demikian, Pancasila bukan hanya sebagai falsafah negara, namun lebih luas lagi, yaitu falsafah bagi bangsa Indonesia.

Pancasila sebagai dasar negara diresmikan pada sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 18 Agustus 1945, dalam UUD 1945.

Selain pengertian pacasila dari Ir. Soekarno, ada beberapa ddari para ahli juga mengutarakan pendapatnya tentang pancasila. Di bawah ini ada pengertian pancasila menurut beberapa para ahli.

Pancasila Menurut Ahli

Selain Ir. Soekarno berikut ini ada beberapa pengertian pancasila menurut para ahli, cermati uraiannya berikut ini.

Notonegoro

Pancasila yakni dasar falsafah dan ideologi negara yang diharapkan menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia sebagai dasar pemersatu, lambang persatuan dan kesatuan, serta sebagai pertahanan bangsa dan negara Indonesia.

Muhammad Yamin

Pancasila berasal dari kata 'panca' yang berarti lima dan 'sila' yang berarti sendi, atas, dasar atau peraturan tingkah laku yang penting dan baik. Dengan demikian, Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik.

Prof. Dr. Nurcholish Majdid

Pancasila merupakan modal untuk mewujudkan demokrasi Indonesia, Pancasila memberi dasar dan prasyarat asasi bagi demokrasi dan tatanan politik Indonesia, Pancasila menyumbang beberapa hal penting.

Ruslan Abdul Ghani

Pancasila adalah sebuah filsafat negara yang tercipta untuk menjadi ideologi kolektif demi kesejahteraan rakyat dan bangsa Indonesia.

Arti Lima Lambang Pancasila

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Lambang dalam pancasila tentunya tidak dibuat hanya untuk pemanis saja. Tentu ada makna tersendiri dari lambang-lambang tersebut. Pahami lima arti lambang pancasila berikut ini:

1. Bintang

Bintang mengandung makna bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius yaitu bangsa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

2. Rantai

Rantai yang berjumlah 17 dan saling sambung menyambung tidak terputus, ini melambangkan generasi penerus yang turun temurun.

3. Arti Pohon Beringin

Pohon beringin pada pancasila melambangkan sebagai tempat berteduh atau berlindung.

4. Arti Kepala Banteng

Kepala banteng dimaknai sebagai tenaga rakyat dijadikan sebagai lambang sila keempat Pancasila.

5. Arti Padi dan Kapas

Padi dan kapas adalah simbol atau melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network