Tak Banyak Tahu, Ini Ternyata 3 Musuh Terberat Ular King Kobra

"Nomor 2 Sama Sekali Tak Terduga."

Edukasi | 04 February 2023, 03:52
Tak Banyak Tahu, Ini Ternyata 3 Musuh Terberat Ular King Kobra

TamanPendidikan.com - Banyak orang yang beranggapan bahwa ular adalah salah satu predator paling mematikan di dunia, termasuk ular King Kobra. King cobra memiliki racun yang sangat berbahaya dan mematikan bagi manusia dan hewan. Racun king cobra mengandung neurotoksin yang bekerja dengan memblokir transmisi saraf dan menyebabkan kelumpuhan dan kematian.

Meski anggapan tersebut benar, bukan berarti ular King Kobra tidak memiliki musuh sama sekali. Faktanya, ada beberapa hewan yang tak gentar meski berhadapan dengan jenis ular tersebut. Berikut 3 musuh terberat ular King Kobra:

1. Burung Sekretaris
TamanPendidikan.com

Burung Sekretaris

Burung Sekretaris adalah spesies burung yang berasal dari Afrika. Burung ini memiliki ciri khas panjang dan kelopak sayap yang menyambungkan kepala dan ekor, membentuk bentuk "S".

Burung sekretaris memiliki warna coklat kemerahan dan putih, serta memiliki sayap berwarna kuning dengan garis-garis hitam. Mereka hidup di hutan hujan tropis dan padang rumput Afrika dan memakan serangga, beberapa tumbuhan, dan biji-bijian.

Burung sekretaris merupakan burung yang sangat indah dan memiliki gaya terbang yang unik dan mencolok. Ternyata, kehadiran burung tersebut dapat membuat ular King Kobra ketakutan.

Burung sekretaris biasanya memangsa ular termasuk King Kobra dengan menggunakan kaki panjang dan sayapnya. Burung tersebut akan menginjak-injak kepala ular King Kobra sampai mati bahkan Cuma 3-5 kali injakkan saja. Jika ular berusaha memberikan bisanya, maka sang burung akan menangkisnya menggunakan sayap.

2. Mongoose (Garangan)
TamanPendidikan.com

YouTube Hewan Viral

Monggose benar-benar bisa membuat hidup ular King Kobra tidak nyaman. Pasalnya, Monggose akan datang disaat King Kobra menjalani hidup normalnya. Hewan ini seakan-akan meneror King Kobra seumur hidupnya dan menganggap jika King Kobra adalah makanannya.

Meski tubuhnya hanya seukuran kecil, Monggose memiliki kemampuan bertahan dan bergerak yang luar bisa. Hewan mamalia ini memiliki bulu yang sangat tebal di sekitar tubuhnya membuat Garangan tersebut kebal terhadap gigitan King Kobra.

Hal yang paling menakutkan dari hewan ini adalah cara berburunya yang sangat agresif. Jika Monggose melihat ular King Kobra, dia akan mengejarnya sampai mati.

Monggose akan menggigit King Kobra jika dirasa jaraknya sudah dekat. Dengan begitu, King Kobra tidak bisa kemana-mana lagi, karena Monggose akan langsung memakannya sampai mati.

3. Honey Badger (Musang Madu)
TamanPendidikan.com

Musang Madu, YouTube Hewan Viral

Honey Badger adalah hewan liar yang berasal dari Afrika dan Asia. Juga dikenal sebagai "Ratel," honey badger memiliki reputasi sebagai salah satu hewan paling tidak takut dan paling berbahaya di alam liar. 

Mereka memiliki bulu tebal dan keras, dan memiliki keterampilan memburu yang baik, membuat mereka dapat memakan segala macam makanan, termasuk serangga, reptil, burung, dan mamalia kecil. 

Honey badger juga memiliki taring yang sangat kuat dan sistem kekebalan yang luar biasa, membuat mereka sulit diterkal dan mengalahkan musuh mereka.

Honey Badger merupakan hewan yang paling ampuh dalam hal memicu kemarahan King Kobra. Hewan yang satu ini sangat senang berhadapan dengan ular, termasuk King Kobra.

Ia sangat suka mengejar kemanapun ular King Kobra pergi, bahkan sampai di atas pohon sekalipun. Musang Madu tersebut menganggap jika ular adalah makanan yang penuh nutrisi. Ia akan mencabik-cabik tubuh King Kobra sampai mati.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network